04 January 2024 06:16 WIB

Cegah Rem Tangan Nyangkut Saat Mobil Ditinggal Lama

Hyundai Lovers mungkin pernah beberapa kali meninggalkan mobil untuk waktu lama, misalnya ditinggal liburan ke luar negeri sehingga mobil tidak digunakan selama 1 minggu atau lebih.

Pada kondisi demikian, biasanya ada beberapa langkah preventif yang dilakukan, misalnya mencabut aki agar tidak soak. Namun salah satu yang sering terlupakan adalah rem tangan.

Jika mobil ditinggalkan untuk waktu lama dengan kondisi rem tangan aktif, bisa menyebabkan suatu masalah, yakni rem tangan nyangkut. Kampas dari rem tangan yang terlalu lama aktif bisa saja tersangkut dan tidak mau lepas.

Hal ini menyebabkan mobil menjadi tidak bisa bergerak. Jika bisa bergerak pun, kampas yang nyangkut akan menimbulkan bau yang kurang sedap dan berbahaya.

Lantas apa yang dapat dilakukan untuk mencegah rem tangan nyangkut? Ternyata cukup sederhana.

Pertama siapkan sebuah ganjalan untuk mobil. Ada baiknya mobil ditahan bukan karena rem jika dibiarkan dalam waktu lama.

Setelah ganjalan siap, ganjalkan mobil dan pastikan mobil tidak direm tangan. Pastikan kondisinya aman dan mobil tidak bergerak sama sekali pada posisi netral tanpa rem tangan, seperti saat hendak parkir paralel.

Jika mobil Hyundai Anda menggunakan model Electric Parking Brake, simak  artikel-artikel berikut:

Baca juga: Ini Cara Parkir Paralel Hyundai Stargazer Prime

3 Cara Parkir Netral Pada Hyundai Ioniq 5 Dan Ioniq 6

Cara Parkir Paralel Yang Benar Untuk Hyundai Creta

Ketika mobil ditahan bukan karena rem tangan, maka rem tangan tidak akan nyangkut. Ada baiknya menggunakan ganjalan tambahan bila mobil parkir pada kondisi miring. Pada mobil transmisi manual, bisa juga memasukkan persneling ke gigi 1.

Dengan cara sederhana tersebut, maka dapat mencegah rem tangan pada mobil Hyundai kesayangan Anda untuk nyangkut.