06 December 2023 10:56 WIB

Benarkah Ron BBM Tinggi Membuat Mesin Lebih Panas?

Ketika memilih BBM untuk mobil, seringkali terpintas beberapa isu, utamanya semakin tinggi ron atau oktan pada BBM, maka mesin akan menghasilkan suhu yang lebih panas. Apakah hal ini benar?

Ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar, karena suhu mesin seringkali terkorelasi dengan kompresi mesin, tidak sepenuhnya pada bahan bakar.

MIsalnya pada Hyundai Creta maupun Hyundai Stargazer, mesin 1.500 cc yang digunakan memiliki kompresi mesin 10.5:1.

Dengan kompresi ini, maka Hyundai Creta atau Hyundai Stargazer disarankan menggunakan BBM dengan oktan 92. Namun bukan berarti bila diisi dengan BBM dengan oktan lebih tinggi, misalnya oktan 95, maka mesin akan lebih panas.

Mesin yang lebih panas dilihat berdasarkan kompresi mesinnya. Kompresi mesin yang lebih tinggi akan menghasilkan panas yang lebih tinggi. Namun hal ini tentunya diimbangi dengan sistem pendinginan yang lebih mumpuni.

Baca juga: 4 Dampak Solar Berkualitas Rendah Pada Mobil Hyundai

Dengan kata lain, jika dibandingkan dengan mesin berkompresi lebih rendah, misalnya 9.5:1, mesin seperti Hyundai Creta mungkin akan menghasilkan suhu yang lebih banyak.

Namun suhu dan kompresi yang lebih tinggi ini menghasilkan mesin yang lebih efisien, irit bahan bakar serta ramah lingkungan.

Sehingga jika ingin mengisi BBM dengan oktan yang lebih tinggi untuk mobil Hyundai kesayangan Anda, jangan khawatir karena tidak akan menyebabkan kerusakan.