20 April 2024 08:00 WIB

Bukan Lebih Terang! Inilah Perbedaan Utama Foglamp Hyundai

Mayoritas mobil yang dipasarkan PT Hyundai Mobil Indonesia terkini sudah dilengkapi dengan foglamp. Foglamp sendiri biasanya diletakkan di posisi paling rendah dan digunakan untuk melihat lebih jelas ketika ada kabut di jalan.

Namun yang seringkali jadi salah kaprah adalah tentang intensitas cahaya dari foglamp. Banyak yang menilai foglamp memiliki intensitas cahaya yang lebih terang sehingga bisa menembus kabut. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Baca juga: Cegah Embun Dengan Defogger Pada Mobil Hyundai

Salah satu perbedaan utama dari foglamp dibandingkan lampu biasa adalah dari sudut tembak lampu tersebut. Foglamp memiliki sudut tembak cahaya yang lebih rendah daripada lampu utama.

Karena fungsinya adalah menerangi jalanan yang tepat di depan mobil, lampu kabut biasanya diletakkan di bagian bawah mobil dan menembakkan cahayanya ke bawah dan tidak terlalu jauh.

Lampu kabut sendiri perannya tidak bisa digantikan oleh lampu jauh. Memang lampu jauh juga bisa digunakan untuk menembus kabut karena terang, tetapi karena sudutnya yang tinggi dan landai, lampu jauh bisa membutakan pengendara arah sebelah dan malah bisa menimbulkan kecelakaan.

Selain itu, lampu jauh dinilai kurang efektif karena tidak menerangi jalanan yang tepat di depan mobil, bahkan kabut bisa bisa memantulkan cahaya lampu tersebut kembali ke mata pengemudi.

Ingin bertanya-tanya lebih lanjut tentang Hyundai? Yuk tanyakan langsung ke PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/hyundai-dita.