06 May 2023 11:02 WIB

Cara Operasikan Tombol Shift By Wire Transmission Hyundai

Beberapa lini mobil Hyundai seperti Hyundai Santa Fe, Hyundai Staria, maupun Hyundai Palisade kini telah menggunakan transmisi model terbaru dari Hyundai, yaitu Shift By Wire Automatic Transmission dimana pengoperasian transmisi memanfaatkan tombol dibanding menggunakan tuas.

Sistem ini dibuat untuk menghemat tempat agar bisa memberikan lebih banyak ruang pada kabin mobil Hyundai. Namun, bagaimana cara mengoperasikannya?

1. Posisi

Seperti transmisi otomatis pada umumnya, ada 4 pilihan pada transmisi Shift By Wire, yaitu P (Park) di sisi kanan, R (Reverse) di sisi atas, N (Neutral) di sisi tengah dan D (Drive) di sisi bawah. Posisi ini sendiri cukup mirip dengan tuas transmisi biasa kecuali posisi Park.

2. Penggunaan Rem

Untuk berpindah gigi, pengemudi hanya perlu memencet tombol yang dibutuhkan. Khusus perpindahan gigi dari P ke N, D atau R, harus sambil menginjak pedal rem. Begitupun jika ingin berpindah dari D ke R atau sebaliknya. Takut tidak sengaja tertekan? Tenang saja, perpindahan dari D ke R atau P hanya bisa dilakukan di bawah 2 Kpj dengan kondisi rem terinjak.

3. Paddle Shift

Bagaimana bila ingin menggunakan mode manual dengan paddle shift? Ternyata mudah, tinggal pencet saja paddle shift-nya dan otomatis transmisi akan masuk mode manual. Jika Hyundai Lovers lupa mengoper gigi, maka sistem akan kembali ke mode otomatis D.

Baca juga: Mengapa Beberapa Mobil Hyundai Gunakan Transmisi 8 Percepatan?

Itulah cara menggunakan transmisi otomatis Shift By Wire dari Hyundai Santa Fe, Hyundai Staria maupun Hyundai Palisade.

Penasaran akan ketiga mobil tersebut? Bisa menghubungi layanan Hyundai DITA melalui https://hyundaimobil.co.id/hyundai-dita.