17 July 2023 13:51 WIB

Hyundai Ioniq 5 N: Mobil Elektrik Bertenaga 650 Ps!

Hyundai tentunya peduli dengan lingkungan hingga menjadi salah satu perusahaan otomotif yang sangat memajukan teknologi mobil listrik, misalnya dengan Hyundai Ioniq 5 yang kini banyak berkeliaran di jalanan Indonesia.

Tetapi di saat bersamaan, Hyundai juga ingin mobil yang fun to drive, seru dikendarai, dan tidak membosankan. Karena itu secara global, Hyundai baru saja memperkenalkan Hyundai Ioniq 5 N, mobil elektrik dengan tenaga 650 Ps!

Sebelum ke teknis, mari lihat visualnya, sudah dirombak berbeda. Velgnya menggunakan velg forged alumunium 21 inci dengan ban 275/35R21 Pirelli P-Zero. Ukuran bodi pun juga berubah karena lebih ceper 20 mm, lebih lebar 50 mm untuk ban lebih lebar, dan lebih panjang 80 mm karena diffuser model baru.

Ada perubahan aerodinamika pada Hyundai Ioniq 5 N, fasia depan memiliki ventilasi tambahan untuk pendinginan ekstra, lip spoiler untuk membantu aerodinamika, Spoiler Hyundai N, diffuser dan outlet udara untuk mengoptimalkan aerodinamika.

Hyundai Ioniq 5 N memiliki sistem penggerak yang berbeda dengan Hyundai Ioniq 5 biasa, sistem penggerak sudah berbeda jauh, motor elektriknya kini bisa berputar hingga 21.000 Rpm! Menghasilkan tenaga 650 Ps pada puncaknya dan torsinya instan ke semua roda mobil. Output ini dihasilkan dengan sistem inverter 2 tahap dan baterai 84 Kwh baru.

Kemudian untuk menangani tenaga tersebut, engineer dari Hyundai menambah 21 titik las baru dan menambah 2,1 meter adesif pada bodi agar mobil lebih rigid, terutama untuk kebutuhan balap.

Karena tenaga besar yang dihasilkan, baterai dan motor elektrik pastinya lebih panas dari Hyundai Ioniq 5 biasa. Setelah serangkaian pengetesan, maka baterai dan motor elektrik memiliki radiator terpisah untuk menjaga suhunya.

Untuk distribusi tenaga optimal, engineer dari Hyundai menggunakan sistem Electronic Limited Slip Differential (E-LSD) dengan 11 level agar ban bisa mendapatkan grip optimal, hal yang dipelajari Hyundai dari balap rally.

Pada interior, dibuat lebih sporty dengan bucket seat serta laburan warna hitam. Uniknya, Hyundai Ioniq 5 N terlihat memiliki tachometer dan paddle shift. Kok bisa? Padahal ini kan mobil elektrik.

Karena, Hyundai ingin mobil ini tidak membosankan dan memberikan adrenalin bagi pengemudinya dengan fitur N e-shift dan N Active Sound +. Intinya, Sistem N e-shift akan memberikan sensasi transmisi DCT yang mengatur kurva torsi seperti transmisi 8 percepatan, yang bahkan bisa memberikan hentakan.

Sementara itu, N Active Sound + akan memberikan suara seperti mobil pembakaran internal melalui 10 speaker pada kabin. Tentunya jika tidak diinginkan, kedua mode tersebut bisa dimatikan.

Baca juga: Semakin Santai Dengan Smart Cruise Control Hyundai Ioniq 5

Sebuah mobil yang menarik bukan Hyundai Lovers?