25 October 2019 08:00 WIB

Hyundai Kembangkan Skuter Listrik

Hyundai Motor Group kembali menghadirkan inovasi baru dengan mengembangkan prototipe sebuah skuter listrik yang konsepnya pertama kali hadir di ajang CES 2017 silam. Skuter listrik ini menggunakan penggerak roda belakang dengan baterai lithium serta dilengkapi dengan lampu depan dan belakang yang stylish. 

Teknologi motor listrik Hyundai tidak hanya dikembangkan kepada mobil listrik saja, tapi juga kendaraan mobilitas lain yang ringkas dan praktis seperti skuter listrik ini. Bentuknya yang simpel dan bisa dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Baterai lithium berkapasitas 10,5 Ah pada skuter listrik ini bertugas menggerakkan roda belakang. Dengan kapasitas baterai tersebut, skuter listrik ini mampu menempuh jarak mencapai 20 km dengan kecepatan maksimal hingga 20 km/jam.  

Rencananya produk skuter listrik ini akan diintegrasikan dengan produk kendaraan Hyundai dan KIA. Jika diletakkan dalam kendaraan tersebut, skuter listrik ini akan bisa mengisi daya secara otomatis. 

Skuter listrik model 2019 ini mengubah penggerak roda depan ke belakang untuk lebih aman dan stabil. Tak hanya itu, para insinyur Hyundai juga menambahkan suspense di roda depan agar pengendaraan skuter ini lebih halus meski di jalan jelek. 

“Ini adalah skuter listrik pribadi yang bisa diletakkan di mobil Hyundai masa depan. Kami ingin membuat konsumen kamu hidup lebih mudah dan menyenangkan. Skuter listrik kami membuat berkomuter menjadi lebih menyenangkan, sembari membantu mengurangi polusi dan kemacetan di pusat kota,” ujar Dongjin Hyun, Head of Hyundai Motor Group Robotics Team. 

Dengan berat hanya 7,7 kg, ditambah bentuknya yang sangat simpel dan praktis karena bisa dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana, skuter listrik ini menjadi teman bersantai yang cocok untuk menghabiskan hari libur di taman atau bahkan untuk digunakan sehari-hari. Skuter listrik ini juga sudah dilengkapi panel digital yang menunjukkan kecepatan dan status baterai. 

Hyundai juga berencana untuk menyematkan teknologi pengereman regenerative untuk menambah jangkauan jarak skuter ini sebanyak 7 persen.