03 September 2020 13:50 WIB

Jangan Ikutan Salah Kaprah

Seringkali ketika kita melihat mobil yang baru saja mengalami tabrakan, terutama mobil baru, terlihat bagian depan mobil tersebut remuk dan rusak berat. Orang-orang pun sering salah kaprah dan menganggap bahwa mobil tersebut lemah dan hancur ketika terjadi tabrakan.

Padahal, area itu sengaja dibuat untuk hancur. Area itu adalah crumple zone. Tapi pertanyaannya, mengapa para insinyur yang membuat mobil mau bersusah-payah membuat sebuah bagian bodi yang sengaja dihancurkan? Tentunya, ada alasannya dong.

Tujuannya satu, menjaga kabin tetap seutuh mungkin ketika terjadi kecelakaan. Hal ini mengikuti hukum fisika dimana energi yang dialami suatu benda harus disalurkan. Crumple zone lah yang mengambil energi ini dan menyalurkannya ke area lain pada mobil, tidak menyalurkan ke kabin.

Hyundai Tucson sudah menggunakan Advanced High Strength Steels (AHSS) 

 

Bila tidak ada crumple zone, maka ketika terjadi kecelakaan, seluruh energi dari tabrakan tersebut akan tersalurkan ke kabin atau bahkan ke penumpang secara langsung. Kurang lebih bayangkan saja dengan melakukan rem mendadak dan mengerem secara halus, crumple zone bisa dibilang memperhalus perlambatan yang terjadi.

Selain itu, bila tenaga tersebut tersalurkan ke kabin, kabin bisa berubah bentuk seperti dashboard yang terdorong ke belakang yang kemudian menjepit para penumpangnya. Atau mungkin benturan tersebut mengenai pintu sehingga pintu tersangkut dan tidak bisa dibuka, mempersulit evakuasi para korban kecelakaan.

Untuk itu, rangka atau bodi pada kendaraan pun sengaja dibuat ringkih pada bagian tersebut, umumnya bagian depan dimana sering terjadi tabrakan dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Crash Tes

 

Tentunya dengan crumple zone, bukan berarti keseluruhan mobil tersebut ringkih. Hyundai Tucson contohnya, sudah menggunakan Advanced High Strength Steels (AHSS) pada rangka monokoknya. Dengan rangkanya, Hyundai Tucson pun dapat menjaga keselamatan dan keutuhan kabin penumpangnya kala terjadi kecelakaan.

Pada foto dari badan keselamatan EURO NCAP, terlihat memang Tucson mengalami kerusakan serius pada bagian depan, tetapi kabin tetap selamat dan tidak berubah bentuk. Hal ini membuktikan bagaimana crumple zone sudah sukses menjalankan tugas yang dimandatkan dan memberikan Hyundai Tucson penilaian bintang 5 dalam urusan keselamatan.

 

Share