04 March 2021 09:28 WIB

Jangan Sampai Terlambat, Cegahlah Karat Pada Mobil

Karat merupakan musuh utama bagi bahan dasar besi maupun logam. Termasuk musuh pada mobil. Karat seolah hadir diam-diam, tanpa diduga. Tiba-tiba kita merasa karat sudah banyak menerpa bodi mobil. 

Padahal, proses karat itu terjadi tidak mendadak. Timbulnya karat akibat adanya proses oksidasi. Besi yang tidak tertutup apapun dan terpapar oksigen bisa diperparah bila lembab karena air atau hidrogen juga mengandung oksigen. Sedikit-sedikit, lantas menyebar. 

Tentunya hal ini tidak boleh terjadi pada Hyundai Lovers. Karat sangatlah destruktif, bahkan mobil yang harusnya layak jalan bisa menjadi tidak layak karena karat. Bahkan karat bisa menurunkan harga suatu mobil secara drastis, apalagi bila sudah parah karena telah menyebar banyak.

Untuk itu, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah karat terbentuk.

1. Cek Kerusakan

Apakah mobil pernah ditabrak atau mengalami tabrakan? Cek bila tabrakan tersebut di bagian besi. Bila sampai cat terkelupas, maka sebaiknya segera cat ulang bagian tersebut. Karena bila dibiarkan, maka karat akan terbentuk dan menyebar melalui titik tersebut.

2. Awasi Kelembaban Kabin

Menjaga kabin tetap kering rupanya bukan untuk kenyamanan saja. Bila ada air yang tersangkut dan tersembunyi di balik karpet misalnya, bisa-bisa membentuk karat sehingga jika karpet dirasa sangat basah, ada baiknya mengeringkannya.

3. Gunakan Anti Karat

Bila tinggal di daerah dekat pantai yang sangat rawan karat, maka ada baiknya memasang anti karat. Layanan ini sendiri sudah disediakan secara khusus di berbagai perusahaan, atau paling tidak mampir saja ke bengkel bodi atau cat. 

Dengan melakukan perawatan sederhana tersebut, maka mobil Hyundai Lovers pun bisa bebas dari karat. Tanpa karat, mobil akan awet digunakan hingga puluhan tahun dan nilainya pun akan tetap tinggi.