30 August 2023 08:04 WIB

Jangan Terlewat! Ini 3 Ciri Ban Bocor Halus

Ban mobil tentu perlu menahan tekanan ban untuk beroperasi. Bahkan ban berjenis Run Flat Tyre (RFT) sekalipun, memerlukan tekanan udara untuk bisa berfungsi secara maksimal.

Ban tentu bisa kehilangan tekanan ban. Namun ban juga bisa bocor secara halus dan perlahan. Apa tanda ban mengalami bocor halus? Ada 3 menurut PT Hyundai Mobil Indonesia:

1. Tekanan Menurun

Ketika ban bocor halus, tentu tekanan ban akan menurun. Namun penurunan ini akan berlangsung lama, misalnya kempes dalam waktu kurang dari 1 minggu.

2. Gelembung

Ketika mengecek ban bocor halus, cek gelembung udara yang merupakan teknik untuk mendeteksi ban bocor. Namun pada bocor halus, gelembungnya sangatlah kecil sehingga perhatikan gerakannya secara seksama.

3. Bergetar

Kebocoran halus pada ban bisa terjadi karena beberapa alasan, salah satunya adalah velg peyang sehingga tidak memberikan segel sempurna antar ban dan velg. Velg peyang biasanya tidak akan seimbang, sehingga bila mobil terasa bergetar pada kecepatan tinggi, patut dicurigai.

Baca juga: Bisa Berakibat Fatal! Ini 3 Tanda Mesin Kurang Oli

Itulah 3 ciri utama ban mungkin mengalami bocor halus. Bila terjadi kendala pada mobil Hyundai Anda, jangan sungkan untuk mengunjungi bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia.

Lakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.