12 June 2023 09:40 WIB

Kenali Lane Hogger Dan Dampak Negatifnya?

Pada berita maupun sosial media, Hyundai Lovers mungkin sering mendengar istilah Lane Hogger. Apakah Hyundai Lovers bingung akan arti ini? PT Hyundai Mobil Indonesia akan jelaskan.

Lane Hogger mengacu pada seorang pengendara atau mobil yang melaju lambat di lajur yang salah. Biasanya, istilah ini banyak digunakan di jalan tol.

Apa contoh konkritnya? Misalnya peraturan di Indonesia dimana lajur paling kanan dibuat untuk mendahului. Jika ada pengendara yang berkendara dengan pelan di lajur paling kanan, maka ia adalah Lane Hogger. 

Perlu diketahui, karena sifatnya lajur untuk mendahului, sebaiknya hanya menggunakan lajur paling kanan ketika memang mendahului seseorang. Jika jalanan sedang kosong dan lajur tengah kosong, PT Hyundai Mobil Indonesia rekomendasikan untuk tetap berada di lajur tengah dengan konstan dan tentunya mematuhi batas kecepatan.

Baca juga: Semakin Santai Dengan Smart Cruise Control Hyundai Ioniq 5

Bila kita menjadi Lane Hogger, ada beberapa dampak negatifnya. Utamanya, menyebabkan kemacetan karena berpotensi menghalangi laju mobil lain, bahkan kecelakaan karena bisa saja ada yang kendaraan yang hendak menyusul dengan kecepatan tinggi.

Sehingga, cegahlah menjadi Lane Hogger. Jika kondisi sedang sepi dan sedang berjalan santai, gunakanlah lajur tengah ke kiri agar tidak menghalangi laju mobil lain.