08 April 2024 08:00 WIB

Saat Mudik Tetap Wajib Tepat Pedoman Mendongkrak Mobil Hyundai

Dongkrak pada mobil ada di dalam bagasi dan sudah menjadi standar karena beberapa alasan, utamanya untuk kebutuhan darurat seperti ban kempes atau pecah dan harus diganti dengan ban cadangan.

Tentu untuk melakukan proses tersebut, mobil harus didongkrak. Tapi tahukah Hyundai Lovers kalau mendongkrak mobil tidak bisa dilakukan sembarangan? Bahkan jika salah dapat berakibat fatal.

Baca juga: Perjalanan Jauh? Pastikan 5 Benda Ini Ada Dalam Mobil

Ya, karena, tidak semua bagian mobil didesain untuk menopang beban berat dari mobil, misalnya lantai. Ketika sembarang menggunakan dongkrak misalnya di area lantai mobil atau side skirt, maka akan menyebabkan kerusakan. Lebih parah lagi, mobil bisa saja jatuh dari dongkrak dan mencederai Anda.

Lantas, dimanakah posisi dongkrak yang benar?

Posisi dongkrak yang benar adalah pada tumpuan besi tebal pada sasis atau tulang sasis. Bagian ini lebih kuat dan bisa menahan beban mobil ketika diangkat dengan dongkrak. Area ini sendiri seringkali berada di area samping mobil namun agak dalam.

Kemudian, pada model dongkrak jepit seperti pada kebanyakan mobil, ada salah satu area las jepit yang bisa dimanfaatkan. Anda pun dapat menemui posisi dongkrak mobil Hyundai Anda di dalam buku pedoman perawatan kendaraan.

Dengan posisi dongkrak yang benar, maka mobil akan terhindar dari kerusakan dan dongkrak tidak akan menjatuhkan mobil.

Sebaiknya sebelum bepergian jauh, ada baiknya Hyundai Lovers melakukan servis mobil Hyundai kesayangan terlebih dahulu di bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia.

Anda dapat melakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.