05 December 2020 20:52 WIB

Tidak Disarankan Menggeber Sebelum Mematikan Mesin

Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh pengguna mobil adalah menggeber mesin sesaat sebelum dimatikan. Hal ini dianggap untuk mensirkulasikan pelumasan mesin ataupun membersihkan ruang bakar.

Tetapi, hal tersebut sebenarnya tidak diperlukan dan bahkan tidak disarankan karena bisa menimbulkan kerusakan dalam jangka panjang.

Menggeber sebelum mematikan mesin tidak diperlukan karena mesin masa kini sudah menggunakan komputer atau ECM (Engine Control Module) yang sudah mengatur berbagai sistem pada mesin, salah satunya sirkulasi pelumasan.

Apalagi pada mesin yang dilengkapi dengan turbo, sangat tidak disarankan untuk menggeber sebelum mematikan mesin karena akan menyebabkan turbo terlalu panas. Karena pada komponen turbo tidak boleh terlalu panas sebelum dimatikan, agar tidak rusak.

Untuk itu sangat disarankan seusai menggunakan mobil dengan jarak jauh atau jangka panjang, terutama pada mesin turbo, untuk didiamkan beberapa saat sebelum dimatikan, agar suhu mesin bisa turun menuju suhu yang lebih dingin.

 

Share