13 January 2023 10:38 WIB

4 Dampak Negatif Muatan Berlebih Pada Mobil

Seringkali mobil dipaksa membawa beban berlebih karena beberapa alasan. Pencetusnya adalah alasan ekonomis dimana lebih murah dan cepat membawa banyak barang sekaligus pada satu mobil.

Pada kenyataannya, kelebihan beban ternyata memiliki beberapa dampak negatif yang patut dipertimbangkan. Beberapa diantaranya adalah:

1. Mesin

Mesin pada mobil seperti mobil Hyundai didesain untuk beban tertentu sesuai kapasitas mobil, misalnya Hyundai Creta dengan mesin 1.500 cc-nya. Jika diisi beban berlebih bak sebuah truk, maka mesin tersebut tidak akan mampu melajukan mobil. Kemudian, transmisi juga bisa rusak karena beban tersebut.

2. Ban

Jika mobil harus membawa beban berlebih, maka ban bisa lebih cepat habis. Karena ban mengalami friksi berlebih yang akan mempercepat tingkat keausan. Belum lagi ada resiko ban pecah karena overload.

Baca juga: Waspada, Dongkrak Ada Batasannya!

3. Rem

Dengan beban berlebih, maka rem akan bekerja dengan lebih keras. Jika mobil diisi muatan berlebih, maka jarak pengereman bisa bertambah, rem juga bekerja dengan lebih keras sehingga bisa lebih cepat panas dan berpotensi blong.

4. Suspensi

Dengan beban berlebih, otomatis suspensi dan kaki-kaki akan menopangnya. Dengan beban berlebih, suspensi akan mentok ke bawah dimana jika dilakukan terus-menerus, akan memperpendek umur suspensi dan membuat mobil Hyundai kesayangan Anda mungkin tidak senyaman awalnya.

Karena itulah PT Hyundai Mobil Indonesia tidak merekomendasikan mengisi muatan berlebih pada mobil Hyundai kesayangan Anda. Baiknya, isi jumlah penumpang sesuai dengan jumlah kursi. Kemudian, jangan isi bagasi dengan barang yang terlampau berat.

Jika mengalami kendala pada mobil, maka baiknya langsung melakukan perbaikan sebelum semakin parah. Manfaatkanlah Booking Service PT Hyundai Mobil Indonesia yang bisa diakses pada https://hyundaimobil.co.id/booking-service.