26 December 2022 08:35 WIB

Waspada, Dongkrak Ada Batasannya!

Ketika hendak mendongkrak mobil, misalnya saat ingin melepas ban, dongkrak mana yang Hyundai Lovers gunakan? Apakah Hyundai Lovers menggunakan dongkrak yang di bagasi mobil Hyundai Anda, atau dongkrak lain manapun yang Anda temui?

Dongkrak pada yang ada pada bagasi, tentunya merupakan dongkrak yang tepat untuk mendongkrak mobil karena sudah didesain sesuai dengan mobil tersebut.

Namun bila mendongkrak menggunakan dongkrak lain, harus mewaspadai satu hal, yaitu berat maksimal yang mampu ditopang oleh dongkrak.

Setiap dongkrak yang ada di pasaran memiliki nilai bobot maksimalnya masing-masing, biasanya berkisar dari 1 ton hingga 3 ton. Hal ini biasa dijelaskan pada deskripsi produk maupun berupa stiker yang ditempelkan pada dongkrak.

Jika sebuah mobil melebihi kapasitas suatu dongkrak, maka bisa fatal akibatnya. Jika dongkrak kelebihan muatan, maka dongkrak tersebut tidak akan bisa menahan mobil. Pada kasus terburuk, dongkrak akan kolaps dan mobil akan jatuh. Hal ini bisa memakan korban jiwa, apalagi bila tengah melakukan pekerjaan di bawah mobil.

Baca juga: Titik Dongkrak Harus Berada Di Posisi Yang Tepat!

Karena itu, PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan untuk selalu mengecek kapasitas dongkrak dan berat mobil. Selain itu untuk berjaga-jaga, taruhlah roda yang tengah dilepas di bawah mobil saat didongkrak sebagai tindakan preventif agar mobil tidak jatuh sepenuhnya.