31 August 2024 08:00 WIB

Hyundai SHIFTRONIC: Bosan Pakai Transmisi Otomatis, Pindah Ke Manual

Hyundai Lovers perlu mengetahui bahwa pada jajaran kendaraan Hyundai terbaru telah dilengkapi Hyundai SHIFTRONIC. Sistem transmisi ini hadir pada vehicle line up yang dijual PT Hyundai Mobil Indonesia yaitu Hyundai Santa Fe, Hyundai Palisade dan Hyundai Staria.

Hyundai SHIFTRONIC adalah sistem transmisi unik yang memungkinkan pengemudi mengabaikan pengoperasian transmisi otomatis mereka dan memindahkan gigi secara manual. Hyundai SHIFTRONIC merupakan sistem yang canggih, namun sangat mudah digunakan. Seolah hidup di dua alam, dapat menikmati yang terbaik dari kedua dunia. 

Alasan Mesin Diesel Hyundai Irit BBM:
https://hyundaimobil.co.id/news/details/mengapa-mesin-diesel-hyundai-irit-bbm-meski-memiliki-tenaga-besar

Jangan khawatir, opsi otomatisnya bisa dikembalikan lagi untuk menikmati kenyamanan ala Hyundai. Tak perlu khawatir tentang putaran mesin yang terlalu tinggi karena sistem komputer yang canggih mencegah hal itu terjadi.

Mengetahui cara menggunakan Hyundai SHIFTRONIC adalah satu hal, tetapi Anda juga harus memahami kapan waktu terbaik penggunaannya. Hal ini sangat tergantung pada tujuan yang ingin dicapai:

1. Kontrol Pengereman
Gunakan Hyundai SHIFTRONIC untuk menurunkan gigi alih-alih mengerem untuk menurunkan kecepatan di permukaan yang licin dan meminimalkan kemungkinan tergelincir.

2. Akselerasi Yang Lebih Baik
Mengoper gigi dengan cepat dapat meningkatkan akselerasi untuk membantu respons yang lebih cepat.

3. Deselerasi Yang Mudah
Turunkan gigi melalui Hyundai SHIFTRONIC untuk mengurangi kecepatan kendaraan.

4. Performa Lebih Sporty
Jika ingin menikmati kontrol langsung pada transmisi manual selama perjalanan, Hyundai SHIFTRONIC akan mewujudkannya. 

Namun wajib memperhatikan langkah-langkah yang tepat dalam penggunaannya. Berikut ini adalah cara kerja perpindahan gigi biasa dan pemindah paddle shifter:

1. Perpindahan Gigi (Gear Shifter)
Tarik tuas pemindah gigi ke belakang untuk menurunkan gigi. Dorong tuas persneling ke depan untuk menaikkan gigi.

2. Pemindah Gigi Dayung (Paddle Shifter) 
Saat perlu menaikkan gigi, tinggal tekan tombol “+” pada paddle shifter. Saat ingin menurunkan gigi, tekan tombol “-” pada paddle shifter Anda.

Rasakan Performa SHIFTRONIC Hyundai dengan Mengikuti Test Drive dari PT Hyundai Mobil Indonesia. Agar tahu sensasinya! Nikmati kecanggihannya dengan menghubungi secara langsung melalui https://hyundaimobil.co.id/test-drive. Cukup isi mobil mana yang akan dites, bisa di seluruh jaringan dealer di bawah PT Hyundai Mobil Indonesia, atau bahkan di rumah Hyundai Lovers sendiri. Lebih privat dan seru!