03 August 2024 08:00 WIB

Jangan Angap Enteng Fungsi Peredam Panas Kap Mesin Mobil Hyundai

Peredam panas kap mesin mobil (hood insulator) termasuk komponen yang paling sering tidak dilihat oleh pemilik mobil. Mungkin dipikirnya hanyalah penutup celah belaka, agar terlihat lebih rapi. Padahal kegunaannya sakral sekali. 

Sebagian mobil sudah dibekali peredam kap mesin sejak keluar dari pabrik. Posisinya ada di bagian dalam kap mesin. Umumnya berwarna hitam dan kebanyakan memiliki material glasswool yang terbuat dari serat kain.

Baca Juga:
https://hyundaimobil.co.id/news/details/5-cara-menjaga-kabin-mobil-agar-tidak-panas

Peredam kap mesin sendiri ternyata memiliki 5 fungsi yaitu:
1. Memberi peredaman di ruang mesin, baik untuk meredam panas mesin yang tersalur ke kap mesin.
2. Meredam suara mesin agar tidak terlalu bising.
3. Menjaga mesin dari faktor eksternal seperti panas matahari yang menyengat.
4. Proteksi terhadap cat kap mobil Hyundai Anda, dimana cat berisiko rusak bahkan mengelupas              karena bereaksi dengan panas tersebut.
5. Mencegah kebakaran meluas. 

Perawatan yang diperlukan memang cukup minimalis. Namun setidaknya tidak abai untuk cek kebersihannya, menghindari kotoran yang menempel. Juga perhatikan kondisinya, apakah masih menempel dengan baik atau tidak. Jika mengalami masalah pada peredam panas ini, mohon untuk segera hubungi kami di https://hyundaimobil.co.id/booking-service. Booking Service ini sangat memudahkan dalam memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara.