05 August 2024 08:00 WIB

N Adalah Nama Resmi Dari Merek Performa Tinggi Hyundai

Hyundai Ioniq 5 N hadir di GIIAS 2024. Lumayan banyak antusiasme pengunjung terhadap mobil listrik yang mengusung performa sangat tinggi ini. Tapi sudahkah kita tahu apa makna N yang melekat di akhir nama mobil tersebut?

'N' pada Hyundai N adalah singkatan dari Namyang, markas Hyundai Motor’s global R&D Centre di Korea sejak 1995. N juga terkait dengan Nürburgring, markas Hyundai Motor’s European Test Centre, tempat mobil N pertama (i30 N) dikembangkan dan diuji lebih lanjut. 

Hyundai Ioniq 5 N:
https://hyundaimobil.co.id/news/details/konsep-hyundai-ioniq-5-n-disiksa-pada-suhu-30-c

Hubungan erat antara Namyang dan Nürburgring menciptakan fondasi untuk N, yang bertujuan membangun pengalaman motorsport untuk menghadirkan kesenangan di jalan berliku yang mendebarkan bagi pelanggan yang menyukai mobil. Tanpa kita sadari juga, logo N sendiri melambangkan chicane (penyempitan atau belokan di jalan raya atau lintasan balap mobil).

Setiap mobil yang ikut serta dalam uji ketahanan akselerasi Hyundai Motor mengitari lintasan Nürburgring sebanyak 420 hingga 480 kali dalam kondisi kering dan basah, yang mensimulasikan berkendara berat hingga 180.000 km hanya dalam waktu empat minggu. 

Lintasan balap Nürburgring telah berusia 90 tahun tahun ini dan, dengan 73 tikungan dan 20,8 kilometer aspal, dianggap sebagai salah satu yang paling menantang di dunia. Tempat ini juga merupakan kompleks olahraga motor dan rumah bagi pusat pengujian Hyundai Motor seluas 3.600 meter persegi, yang dioperasikan oleh Hyundai Motor Europe Technical Center.

Singkatnya, N adalah nama resmi dari merek performa tinggi Hyundai.