16 February 2021 13:29 WIB

2 Cara Terbaik Cegah Baret Halus Saat Bersihkan Mobil

Musim hujan merupakan musim yang sering membuat orang malas mencuci mobil. Wajar saja, rasanya sedikit sia-sia ketika sudah lelah mencuci mobil lalu terguyur hujan.

Tetapi, tahukah kalau mobil yang dibiarkan kotor berpotensi mengalami baret? Terutama baret halus. 

Hal ini terjadi karena partikel-partikel kecil seperti debu dan kerikil mikro yang sangat halus namun keras dan kasar. Kadang bahkan tak terlihat tapi ada. Di sisi lain, pemilik mobil menganggap enteng sehingga tak memperdulikan cara yang terbaik 'mengusir kotoran'.

Jika misalnya kotoran ini tertekan dan terusap, tentunya permukaan mobil akan baret halus karena kerikil dan kotoran tersebut bertindak seperti amplas yang kasar.

Hyunai Lovers mungkin langsung mau membersihkan mobil dengan segera melapnya dengan kanebo. Tapi sebaiknya hal tersebut tak perlu dilakukan. Menggunakan kanebo untuk mengelap kotoran tersebut malah bisa merusak cat lebih lanjut.

Cara terbaik pertama untuk mencegah ini adalah dengan membersihkan mobil dengan tekanan air yang tinggi seperti pressure washer, air akan mendorong kotoran tersebut agar terlepas dari permukaan cat dan clear coat.

Lalu yang kedua adalah saat mengelap sebaiknya menggunakan lap microfiber yang bisa menangkap kotoran tersebut sehingga cat pun tidak mengalami kerusakan.

Share