07 September 2021 10:08 WIB

Area Rawan Karat Pada Mobil Dan Cara Mencegahnya

Karat adalah musuh utama dari mobil. Karat akan memakan besi dan membuat besi jadi keropos seperti serbuk. Tentunya Hyundai Lovers tidak mau karat terbentuk bukan?

Karat sendiri terbentuk karena beberapa hal. Akan tetapi hal utama yang membentuk karat adalah oksidasi yang disebabkan oleh oksigen.

Besi bisa mengalami oksidasi karena biasanya terekspos secara langsung dimana tidak ada lapisan pelindungnya, misalnya cat atau cat dasar. Sehingga, karat biasanya sering terjadi pada area yang mengalami kerusakan cat, misalnya baret atau cat terkelupas.

Karat juga sering terbentuk bila mobil sering menghabiskan waktu di area dekat laut. Karena udara lembab ditambah kandungan garam yang tinggi akan mempercepat perkembangan karat.

Hyundai Lovers bisa mengecek beberapa area yang rawan karat. Coba fokus di area lantai. Hal ini karena air seringkali mengenai area bawah, misalnya saat melalui genangan, terkena banjir, ataupun air minum yang tumpah ke karpet.

Bagian bawah dari mobil juga rentan terpentok dan tidak terdeteksi kerusakannya. Misalnya saat merintangi jalur bersama Hyundai Palisade Signature AWD dan kemudian mengenai batu. Bisa saja batu menggores bagian bawah sampai cat terlepas tanpa diketahui dan berpotensi membentuk karat.

Hal ini penting diketahui saat misalnya hendak membeli mobil bekas. Bukalah karet dasar dan cek lantai. Bila lantai terlihat dalam kondisi baik, kecil kemungkinan mobil tersebut berkarat.

Karat sendiri bisa dicegah dengan mudah. Pertama, hindari mobil dari banjir, banjir adalah teman terbaik karat. Lalu, jika ada kerusakan bodi, segera perbaiki, apalagi jika sampai besi terekspos dengan udara luar. Fasilitas body repair Hyundai tentunya siap menangani masalah ini.

Pemasangan anti karat berupa coating tambahan pada bagian tertentu seperti lantai juga bisa menjadi salah satu jalan terbaik dalam mencegah karat.

 

Share