04 June 2024 08:00 WIB

3 Alasan Penting Mengapa Angka Kapasitas Mesin Dibulatkan

Ketika membuka STNK mobil Hyundai kesayangan Anda, Anda mungkin melihat kalau kapasitas mesin mobil Hyundai kesayangan Anda tidaklah bulat. Seperti misalnya 1.497 cc pada Hyundai Creta maupun Hyundai Stargazer. 

Kita akan mengetahui secara umum, kapasitas mesin tersebut adalah 1.500 cc. Sebagai pembulatan ke atas, merupakan hal yang jamak di industri otomotif, baik mobil maupun motor. 

Baca juga: Mesin-Transmisi Hyundai Stargazer Yang Bertenaga Dan Efisiensi Tinggi

Namun angka yang tidak bulat ini tetap ditampilkan secara jelas pada brosur maupun daftar spesifikasi dari mobil. Lantas mengapa CC alias kubikasi mesin tidak bulat? Ada 3 alasan dari PT Hyundai Mobil Indonesia:

1. Regulasi
Pada kebanyakan negara di dunia termasuk Indonesia, pajak mobil seringkali ditentukan oleh kubikasi mesin. Jika suatu mesin melebihi batas tertentu, misalnya 1.502 cc maka mobil bisa dikenakan pajak yang lebih mahal dibandingkan mobil berkapasitas 1.497 cc. Karena itu diambil keputusan untuk mengurangi sedikit dibandingkan kelebihan untuk mencegah pajak yang lebih mahal.
2. Pemuaian
Suhu tentu akan menyebabkan pemuaian pada beberapa komponen mobil. Ketika memuai, kubikasi mesin bisa saja menjadi sedikit lebih besar dan mendekati angka bulat tersebut. Namun pemuaian ini tentunya sangat minor.
3. Pemakaian Komponen
Komponen pada internal mesin bisa saja mempengaruhi ukuran kubikasi mesin. Pembuatan komponen dengan toleransi tertentu juga dapat merubah perhitungan kubikasil menjadi sedikit lebih kecil dan tidak bulat.

Itulah beberapa alasan mengapa kubikel dari sebuah mesin belum tentu pada angka bulat. Namun perbedaannya sangatlah kecil dimana tidak berdampak signifikan pada tenaga mesin.

Tapi Hyundai Lovers tentunya masih penasaran dong dengan performa mobil Hyundai terbaru? Tenang saja, karena Hyundai Lovers dapat melakukan Test Drive pada jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia.

Menjawab rasa penasaran, sebaiknya Anda melakukan Booking Test Drive melalui https://hyundaimobil.co.id/test-drive. Temukan sensasi masing-masing Hyundai yang bisa dirasakan secara personal maupun bersama keluarga.