15 September 2021 15:04 WIB

Ukuran Rem Disesuaikan Dengan Karakter Dan Bobot Mobil

Hyundai Lovers, sadar tidak, kalau mobil memiliki rem yang berbeda-beda? Baik dari jenis, ukuran kaliper, maupun ukuran piringan rem.

Hal ini karena ukuran rem disesuaikan dengan mobil, terutama beban dan ukurannya. Bila mobil memiliki ukuran besar, berat, dan ditujukan untuk membawa beban berat, maka ukuran rem akan lebih besar.

Karena ukuran rem yang besar akan memberikan area kontak lebih yang menambah kekuatan rem. Sehingga pertambahan ukuran kaliper dan piringan biasanya selalu beriringan.

Selain untuk memberikan area kontak besar, rem besar akan memiliki kapasitas panas yang lebih tinggi. Hal ini membuat rem bisa dipakai lebih berat dengan lebih lama.

Lantas, mengapa mobil lebih kecil tidak menggunakan rem yang besar? Ada beberapa alasannya. Misalnya pada Hyundai Ioniq dibandingkan dengan Hyundai Santa Fe.

Keduanya memang memiliki jenis rem yang serupa, rem cakram pada keempat roda yang berventilasi. Namun pada Hyundai Santa Fe, ukurannya lebih besar. Ini karena berat dari Hyundai Santa Fe memerlukan kapasitas pengereman lebih.

Sementara itu pada Hyundai Ioniq, bebannya yang lebih ringan tidak memerlukan komponen rem besar yang bisa jadi berat dan hanya menambah beban. Apalagi Hyundai Ioniq sebagai mobil listrik memiliki regenerative braking yang cukup kuat untuk membantu kinerja rem.

Rem besar juga memerlukan ruang besar. Sehingga, jika rem seukuran Hyundai Santa Fe dimasukkan ke dalam Hyundai Ioniq, maka velg Hyundai Ioniq tidak akan muat karena ukuran rem yang besar tersebut.

Untuk itu, jangan takut Hyundai Lovers, semua spesifikasi seperti rem pada mobil sudah dikalkulasikan untuk memberikan keseimbangan dan keoptimalan tertinggi.

Share