01 August 2022 09:54 WIB

3 Cara Cegah Rem Blong Karena Brake Fade

Banyak berita yang menunjukkan terjadinya kecelakaan karena malfungsi rem yang seringkali dibilang rem blong. Rem blong sendiri sangatlah mematikan dan telah memakan banyak korban.

Kebanyakan kasus terjadinya rem blong terjadi di area pegunungan, terutama pada saat kondisi menurun. Salah satu faktor utama terjadinya rem blong adalah Brake Fade.

Baca juga: Cegah Rem Overheat, Itulah Tujuan Engine Brake

Brake Fade adalah kondisi dimana kemampuan pengereman dari mobil mengalami penurunan sehingga lama-kelamaan hilang, ada beberapa penyebabnya. Namun, biasanya karena overheat.

Untuk itu, PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki beberapa saran untuk mencegah rem blong karena brake fade.

1. Gunakan Engine Braking

Ketika jalanan menurun, manfaatkanlah penggunaan engine braking untuk mencegah beban rem. Biasanya, pada jalanan menurun, rem digunakan terus menerus sehingga akhirnya overheat dan blong. Dengan engine brake, maka rem tidak akan bekerja sekeras itu dan akan mengurangi potensi terjadinya brake fade. Pada mobil Hyundai seperti Hyundai Creta maupun Hyundai Stargazer, bisa memanfaatkan model manual dan menggunakan gigi rendah saat jalanan menurun.

2. Gunakan Minyak Rem Sesuai Standar

Minyak rem juga bisa menyebabkan terjadinya rem blong dan brake fade. Minyak rem yang terlalu panas akan mendidih dan tidak memberikan kekuatan hidrolik yang diperlukan. Sehingga, pastikan untuk terus menggunakan minyak rem sesuai standar dari Hyundai. Lakukan juga penggantian secara berkala di bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia.

3. Pastikan Kondisi Piringan dan Kampas Rem

Pastikan kondisi piringan dan kampas rem prima. Kampas rem memiliki rentang suhu kerja optimalnya. Bila terlalu panas, akan mengalami brake fade. Biasanya, kampas rem yang tidak sesuai standar memiliki rentang suhu berbeda sehingga berpotensi menyebabkan brake fade. Untuk itu, selalu gunakan suku cadang asli dari Hyundai yang sudah sesuai standar.

Anda bisa mendapatkan perawatan serta suku cadang terbaik untuk mobil Hyundai Anda melalui jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia. Anda juga bisa melakukan Booking Service secara online melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.

Share