05 July 2022 10:15 WIB

Cegah Rem Overheat, Itulah Tujuan Engine Brake

Ketika berada di area pegunungan, banyak sekali kasus rem blong, apalagi ketika di area menurun. Rem blong pun memakan cukup banyak korban dan kerugian.

Rem blong memang bisa disebabkan karena beberapa faktor, namun ketika berada di tanjakan, seringkali penyebabnya adalah rem yang overheat sehingga menyebabkan brake fade.

Baca juga: Pahami Arti DOT Pada Minyak Rem

Brake fade adalah ketika kampas rem sudah terlalu panas, hal ini akan mengurangi daya gigitannya dan membuatnya blong. Selain itu, overheat juga bisa terjadi pada minyak rem sehingga tidak bisa memberikan kekuatan hidrolik untuk menekan rem.

Karena itulah, ketika berada di area menurun, selalu dihimbau untuk menggunakan gigi rendah, utamanya gigi 1 atau gigi L (Low) pada transmisi otomatis tertentu. Dengan gigi rendah, maka mesin akan melakukan pengereman alias engine brake.

Ketika mesin berada di gigi satu dan pedal gas dilepas, maka ruang mesin akan mengalami vakum yang memperberat mesin serta roda. Selain itu, resistensi pada komponen mesin dan transmisi akan semakin memperberat putaran roda. Karena mesin terhubung dengan roda, maka resistensi tersebut akan memperlambat laju roda tanpa perlu menginjak pedal rem.

Dengan melakukan engine braking, maka Hyundai Lovers tidak akan menggunakan rem secara berlebih dan mencegah rem mengalami overheat. Dengan engine brake, maka pengereman hanya diperlukan pada saat darurat atau ketika perlu menghentikan laju mobil sepenuhnya. 

Share