07 December 2022 10:04 WIB

3 Cara Melindungi Cat Mobil Saat Parkir Di Luar Ruangan

Pada saat tertentu, mobil terpaksa harus diparkirkan di luar ruangan. Entah karena garas tidak muat, atau tidak ada kanopi pada garasi. Lantas, apakah aman memarkirkan mobil di luar ruangan?

Sebenarnya secara teori, tentunya lebih baik memarkirkan kendaraan di area yang teduh namun bukan pohon. Karena mobil tidak terekspos sinar UV, kotoran, maupun hujan dibandingkan ketika diparkirkan di luar.

Namun, hal ini sebenarnya tidak apa, asalkan mengambil beberapa langkah mitigasi.

1. Sering Cuci Mobil

Untuk mencegah terjadinya penumpukan kotoran yang bisa membuat cat kusam, maka sebaiknya mobil lebih sering dicuci.

2. Lapisan Pelindung

Karena sinar UV bisa merusak lapisan cat mobil terutama clear coat, maka PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan penggunaan lapisan pelindung tambahan seperti wax atau coating agar cat lebih awet.

3. Pelindung Interior

Bila mobil harus diparkir di luar ruangan, maka berikan pelindung pada interiornya. Bisa juga menggunakan penutup kaca agar sinar UV tidak langsung mengenai komponen plastik dan lainnya dari interior.

Baca juga: Layanan Bodi & Cat Terbaik Dari Hyundai BSD City

Dengan melakukan 3 hal tersebut, maka Hyundai Lovers tidak perlu khawatir lagi untuk memarkirkan mobil di luar ruangan. Tentunya, akan lebih baik bila mobil tidak parkir di pinggir jalan dan mempersempit ruas jalan.