24 November 2021 11:42 WIB

3 Cara Mengemudi Di Musim Hujan Agar Semakin Aman

Memasuki akhir tahun, tandanya Indonesia sudah memasuki musim hujan. Buktinya, banyak daerah yang mengalami hujan hampir setiap hari. Intensitasnya pun beragam mulai dari gerimis hingga hujan deras seperti badai.

Tentunya, mengemudi saat hujan dan saat kering berbeda. Sehingga, ada beberapa tips yang bisa diberikan oleh PT Hyundai Mobil Indonesia untuk mengemudi di musim hujan:

1. Kurangi Kecepatan

Ketika jalanan sedang basah, maka kurangilah kecepatan. Karena semakin tinggi kecepatan kendaraan, maka semakin besar kemungkinan terjadinya aquaplaning. Aquaplaning sendiri adalah ketika ban tidak sanggup mendisipasi air di jalanan sehingga mobil menjadi ‘berjalan di atas air’ dan kehilangan traksi serta kontrol.

2. Hat-Hati Dengan Kubangan

Kubangan bisa jadi berbahaya. Karena, bisa saja ada lubang dibalik kubangan tersebut. Lalu ketika melewati kubangan, bisa menyebabkan cipratan air besar yang bisa mengganggu pengendara lain.

3. Gunakan Lampu

Ketika hujan sangat deras, maka gunakanlah lampu untuk keamanan. Lalu, jangan gunakan hazard karena bisa menyebabkan ambiguitas kepada pengendara lain. Misalnya pengendara lain menjadi tidak tahu kemana arah sein Anda dan tidak tahu apakah Anda sedang berhenti atau tidak.

Dengan 3 cara ini, mengemudi di tengah hujan atau bahkan badai akan jauh lebih aman. Lalu, ingat, siapkan badan Hyundai Lovers juga sehingga siap menghadapi musim yang cukup ekstrem ini.

 

Share