12 January 2023 11:18 WIB

3 Kemungkinan Penyebab Knalpot Berasap Putih

Knalpot pada mobil yang dipasarkan PT Hyundai Mobil Indonesia tidak seharusnya mengeluarkan asap. Apalagi sistem knalpot standar mobil Hyundai dibuat untuk memenuhi regulasi emisi yang semakin ketat.

Namun, apa yang perlu dicek bila mobil mengeluarkan asap, terutama asap putih? Ada beberapa kemungkinan penyebabnya:

1. Lembab

Jika asap putih keluar hanya ketika mobil dinyalakan di pagi hari yang dingin dan lembab, maka ada kemungkinan asap tersebut hanyalah hasil kondensasi yang ada pada sistem knalpot. Asap ini akan hilang ketika knalpot sudah panas dan tidak perlu dikhawatirkan.

2. Gasket Head 

Gasket head (atau biasa disebut paking head) yang rusak bisa menyebabkan knalpot mengeluarkan asap putih. Karena ketika packing head rusak, maka air radiator akan masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar, menghasilkan asap berwarna putih.

3. Blok Mesin Retak

Salah satu kerusakan terfatal adalah jika mesin mengalami kerusakan parah sehingga terjadi keretakan pada blok mesin. Hal ini sangatlah jarang namun bisa terjadi. Ketika blok mesin retak, maka air radiator juga bisa masuk ke ruang bakar, terbakar, dan menghasilkan asap putih.

Baca juga: Pentingnya Katalis (Catalytic Converter) Pada Mobil Hyundai

Jika mobil terus mengeluarkan asap putih terus menerus serta diikuti dengan air radiator yang selalu menurun, maka segera cek ke bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia. Bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia tentunya juga menyanggupi perbaikan yang dilakukan oleh teknisi berpengalaman serta bersertifikasi.

Lakukanlah Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.