06 October 2022 08:04 WIB

3 Tanda Rem Mobil Minta Diganti

“Tidak ada kompromi untuk rem’, mungkin inilah prinsip yang dimiliki beberapa orang dan PT Hyundai Mobil Indonesia pun cukup setuju akan prinsip tersebut. Karena, rem adalah salah satu komponen terpenting pada mobil karena bicara secara langsung kepada keselamatan.

Untuk memastikan kondisi rem, ternyata tidak sesulit itu. Karena, feedback yang diberikan dari pedal rem bisa saja menggambarkan kondisi rem. Adapun 3 tanda utama rem minta diganti adalah:

1. Pedal Semakin Dalam

Ketika komponen rem sudah tipis, baik dari piringan maupun kampas, maka diperlukan jarak lebih bagi kaliper untuk menggigit piringan dan melakukan pengereman. Hal ini akan menyebabkan pedal rem perlu diinjak lebih dalam dari biasanya.

Baca juga: 3 Pertanda Engine Mounting Harus Diganti

2. Pedal Bergetar

Pada beberapa kondisi, pedal rem bisa saja bergetar. Hal ini biasa disebabkan karena piringan rem tidak aus secara merata. Jika masih tebal, piringan rem bisa diratakan dengan cara dibubut. Namun jika sudah tipis, maka harus diganti. 

3. Pedal Ringan

Jika pedal terasa ringan dan tidak keras, maka bisa saja ada kerusakan pada sistem rem. Hal ini cukup berbahaya dimana pedal yang ringan seringkali menandakan rem blong.

Jika ada dari tanda-tanda tersebut muncul, maka segera lakukan perbaikan atau penggantian komponen pengereman. Jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia tentunya siap akan segala perbaikan sistem pengereman dengan suku cadang yang asli. Caranya mudah kok, cukup hubungi: http://www.hyundaimobil.co.id/booking-service.