11 August 2022 10:24 WIB

4 Cara Memaksimalkan Jarak Tempuh Mobil Elektrik Hyundai

Mobil elektrik yang dipasarkan PT Hyundai Mobil Indonesia sejatinya memiliki jarak tempuh yang tinggi. Contohnya saja Hyundai Ioniq 5 yang memiliki jarak tempuh dari 384 sampai 481 Km tergantung model yang dipilih.

Namun Anda mungkin ingin memaksimalkan jarak ini sampai benar-benar maksimal. Apa adanya caranya? Tentu saja. Inilah 4 cara untuk memaksimalkan jarak tempuh mobil elektrik Hyundai Anda.

1. Driver Only AC

Pada mobil elektrik Hyundai, mulai dari Hyundai Ioniq Electric hingga Hyundai Ioniq 5, terdapat pilihan Driver Only AC. Ketika dinyalakan, hanya AC pada sisi pengemudi yang menyala. Hal ini akan memperingan kinerja baterai sehingga bisa lebih hemat daya dan bisa mendapatkan jarak tempuh yang lebih maksimal.

2. Berkendara Konstan

Dengan menjaga kecepatan konstan yang sedang, Anda bisa mengurangi beban motor elektrik pada mobil. Berkendara pada kecepatan misalnya 80 km/jam akan membantu Anda untuk menghemat daya elektrik dari mobil. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Cruise Control agar tidak lelah.

Baca juga: Bisakah Hyundai Ioniq 5 Menerjang Banjir?

3. Regenerative Braking

Salah satu kelebihan utama dari mobil elektrik adalah Regenerative Braking atau sering disebut Regen Brake. Dengan Regen Brake, deselerasi dari mobil akan dimanfaatkan untuk mengisi daya baterai, motor elektrik pada mobil Hyundai Anda akan berfungsi seperti dinamo ketika melakukan Regen Braking. Sehingga, ketika menemui jalanan menurun atau sekedar melambatkan laju kendaraan, manfaatkanlah fitur ini.

4. Drive Mode

Terakhir adalah memilih Drive Mode yang tepat. Untuk jarak tempuh maksimal, maka gunakanlah mode ECO. Mode ECO akan mengatur aliran tenaga agar efisien untuk memaksimalkan jarak tempuh dari mobil elektrik Hyundai Anda.

Dengan melakukan 4 cara tersebut, maka Anda bisa memaksimalkan jarak tempuh dari mobil elektrik Hyundai Anda. Tentunya ini akan sangat bermanfaat pada beberapa situasi, misalnya level baterai yang sudah rendah dan harus mencari area pengisian daya.

Share