03 August 2022 10:14 WIB

Bisakah Hyundai Ioniq 5 Menerjang Banjir?

Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan satu unit Hyundai Ioniq 5 yang digunakan untuk menerobos banjir. Hal ini pun mengundang berbagai pertanyaan seperti “apakah aman menggunakan mobil listrik untuk menerobos banjir?” PT Hyundai Mobil Indonesia akan menjawabnya.

Pertama, perlu diketahui bahwa mobil elektrik lebih aman dibandingkan dengan mesin pembakaran internal. Apalagi, mesin elektrik tidak memerlukan intake udara untuk proses pembakaran.

Baca juga: Indikator Baterai Hyundai Ioniq 5 Permudah Pantau Isi Daya

Kemudian, mobil elektrik seperti Hyundai Ioniq 5, Hyundai Ioniq Electric, maupun Hyundai Kona Electric telah diuji coba secara mendalam untuk menguji ketahanannya, baik dari segi kekedapan air, tes bakar, uji tabrak dan tentu saja uji ketahanan banjir.

Namun, komponen elektrik tentunya tetap rawan terkena air dan rawan korslet. Sehingga, Bapak Wicak selaku Trainer dari PT Hyundai Mobil Indonesia menyarankan untuk tidak melalui banjir yang melebihi setengah ukuran roda.

Hal ini untuk mencegah air masuk ke kabin, serta mencegah beragam komponen elektrikal lainnya rusak karena terkena banjir.

Sehingga, Hyundai Lovers tidak perlu khawatir bila terpaksa melalui banjir. Asalkan, banjir tersebut tidak terlalu dalam.