04 October 2021 08:20 WIB

4 Hal Yang Perpanjang Usia Turbo Pada Mesin Diesel Hyundai

Hyundai Lovers pasti senang dengan performa mesin Hyundai, terutama mesin turbo diesel dari lini mobil Hyundai yang sangat bertenaga, mulai dari Hyundai Santa Fe, Hyundai Palisade, hingga Hyundai Staria.

Nah, mobil turbo sendiri bisa dibilang memerlukan sedikit perhatian ekstra. Hal ini untuk membuatnya semakin awet dan semakin bisa dinikmati. Perhatikan 4 hal berikut ini: 

1. Dinginkan Turbo

Sehabis digunakan dengan berat, misalnya sehabis berakselerasi, sebaiknya mesin jangan langsung dimatikan. Sebelum dimatikan, sebaiknya masuki fase cooldown untuk mendinginkan turbo secara perlahan. Caranya, biarkan mesin beroperasi pada RPM rendah, misal idle selama 1 sampai 2 menit untuk menurunkan suhunya. Karena jika dimatikan dengan mendadak, perubahan suhu yang terlalu cepat bisa memperlemah turbo.

2. Ganti Oli Secara Berkala

Turbo menggunakan oli dari mesin, hal ini untuk lubrikasi turbin serta kompresor. Bila oli sudah kotor, maka turbo juga akan terpengaruh. Sehingga, oli sebaiknya jangan telat diganti untuk memperpanjang usia turbo.

Baca juga: Kenali Turbo Pada Hyundai Yang Membuat Performa Mesinnya Melimpah

3. Bahan Bakar

Diperlukan bahan bakar yang tepat pada mobil turbo, hal ini karena diperlukan pembakaran yang lebih sempurna pada kompresi tinggi. Pada mesin turbo Hyundai yang menggunakan bahan bakar diesel, usahakan menggunakan bahan bakar diesel terbaik yang tersedia. Lalu, rajin juga ganti filter bahan bakar agar lebih bersih.

4. Filter Udara

Filter udara yang kotor akan mempersulit kinerja turbo. Bila filter sudah kotor atau bahkan tidak ada, bisa dipastikan kotoran akan lolos masuk ke dalam turbo. Pada kondisi ekstrem, misal ada kerikil masuk ke saluran udara, maka baling-baling turbo bisa mengalami kerusakan dan memerlukan penggantian.

4 langkah sederhana inilah yang bisa jadi penentu umur turbo pada mobil Hyundai Anda. Memang turbo yang ada pada mobil Hyundai bisa dipastikan tahan lama. Namun ada baiknya memerlukan perawatan yang benar. Jika mengambil langkah ekstra seperti di atas. maka akan lebih tahan lama lagi.

 

Share