18 March 2022 08:03 WIB

4 Sumber Rembesan Oli Yang Patut Diwaspadai

Seiring dengan berjalannya waktu, sangatlah normal bila kondisi suatu mobil mulai menurun. Apalagi jika mobil tersebut mendapatkan perawatan yang minim, maka akan terasa semakin buruk kondisinya.

Salah satu kondisi terburuk yang bisa terjadi pada mobil adalah ketika terjadi rembesan atau kebocoran oli. Oli akan jadi cepat habis dan tentunya hal ini tidak aman untuk jangka panjang.

Baca juga: Bengkel Resmi Hyundai Selalu Pastikan Double Check

Biasanya, ada beberapa tempat umum terjadinya kebocoran oli. PT Hyundai Mobil Indonesia bisa menunjukkan beberapa:

1. Gasket

Bagian gasket terutama bagian atas atau head mesin bisa mengalami getas dan bocor karena usia. Jika mobil sudah berumur, komponen ini memang sebaiknya diganti saat servis besar yang tentunya bisa dilakukan di bengkel resmi Hyundai.

2. Oil Pan

Oil pan adalah tempat dimana oli bersarang pada mesin. Terdapat sebuah sealant antara oil pan dan mesin untuk mencegah kebocoran. Biasanya, sealant ini kering karena usia sehingga mulai mengalami kebocoran. Tenang saja, seal ini bisa diganti tanpa pembongkaran yang rumit.

3. Filter Oli

Filter oli bisa saja mengalami kebocoran, apalagi bila pemasangannya tidak tepat, misalnya kendor. Jika kencang dan gasket dari filter oli terpasang dengan benar, maka oli tidak akan bocor dari filter.

4. Seal Kruk As

Pada mobil yang sudah memiliki usia tinggi, maka bisa mengalami kebocoran pada seal kruk as yang terhubung ke transmisi. Namun, hal ini sangat jarang terjadi karena seal tersebut selalu mendapatkan lubrikasi.

Jika Hyundai Lovers rajin melakukan servis, hal ini seharusnya tidak terlalu jadi masalah karena mobil selalu terawat. Lalu bila ada masalah, maka akan langsung ditunjukkan dan secara disarankan untuk diperbaiki, mencegah masalah berkembang menjadi lebih besar.

 

Share