06 November 2023 14:39 WIB

5 Kelebihan Dari Rem Cakram

Mobil memiliki beberapa jenis rem, namun utamanya rem dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan bentuknya, yakni rem cakram serta rem tromol. Dahulu, rem tromol adalah rem yang umum digunakan, tetapi kini rem cakram seringkali dianggap sebagai standar terbaru, utamanya untuk rem depan pada mobil yang bekerja lebih berat.

Lantas mengapa rem cakram dipilih dibandingkan rem tromol? Karena ada 5 kelebihan utamanya.

1. Tidak Mudah Panas

Rem cakram memiliki model konstruksi yang terbuka dibandingkan rem tromol yang tertutup. Hal ini membuat ventilasinya jauh lebih baik dan membuatnya tidak mudah panas.

2. Mudah dibersihkan

Karena modelnya yang terbuka, rem cakram juga cenderung lebih mudah dibersihkan, utamanya dari debu kampas rem. Debu kampas rem akan terbuang dengan sendirinya atau hilang ketika dicuci, berbeda dengan rem tromol yang harus dibuka terlebih dahulu.

3. Mudah dicek

Pengecekan kondisi rem seperti kampas dapat dilakukan dengan mudah pada rem cakram. Hanya perlu mengintip sedikit dari sudut tertentu, ketebalan kampas rem dapat terlihat. Kondisi dari piringan rem juga bisa dilihat.

Baca juga: Hyundai Stargazer X Dilengkapi Electric Parking Brake with Auto Hold

4. Performa

Rem cakram memiliki performa yang lebih baik, utamanya karena suhu yang lebih rendah tadi, pengereman bisa lebih optimal dan tahan lama.

5. Tahan Lama

Rem cakram memiliki sifat yang lebih tahan lama. Selain performa yang konsisten, ketahanan dari rem cakram bisa lebih panjang karena mekanisme penggerak yang lebih sedikit dibandingkan dengan rem tromol.

Itulah 5 kelebihan utama dari penggunaan rem cakram pada mobil Hyundai. Karena itulah hampir seluruh lini kendaraan PT Hyundai Mobil Indonesia sudah menggunakan rem cakram pada seluruh roda.

Selain rem, mobil Hyundai tentu memiliki performa dan kenyaman tingkat tinggi. Hal ini sendiri sulit dijelaskan melalui tulisan dan sebaiknya Anda rasakan langsung dengan melakukan Test Drive.

Lakukan Booking Test Drive di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/test-drive.