07 October 2023 06:43 WIB

5 Masalah Mobil Bila Injektor Mesin Mampet

Lini mobil PT Hyundai Mobil Indonesia tentu semuanya sudah serba modern. Selain mobil elektrik, mesin pembakaran internal dari Hyundai sudah memiliki teknologi terbaik, salah satunya adalah sistem injeksi bahan bakar yang kompleks agar mesin efisien, bertenaga, serta rendah emisi.

Namun sistem injeksi seperti injektor bukan berarti bebas perawatan, kontaminan yang ada pada bahan bakar bisa menyebabkan masalah pada suplai bahan bakar, utamanya adalah injektor.

Apa akibat bila injektor mobil mampet? Ada 4 akibat utama:

1. Tenaga

Jika injektor mampet, maka tentu tenaga akan berkurang. Hal ini disebabkan karena kurangnya daya bakar yang ada dalam ruang bakar sehingga tidak menghasilkan daya ledak yang cukup.

Baca juga: 4 Dampak Solar Berkualitas Rendah Pada Mobil Hyundai

2. Rasio Udara dan Bahan Bakar

Jika injektor mampet, seringkali ada kekurangan bahan bakar pada ruang bakar. Hal ini akan mengubah rasio udara dan bahan bakar sehingga menyebabkan ‘lean’. Makna ‘lean’ sendiri adalah kondisi terlalu banyaknya udara pada ruang bakar yang cukup berbahaya karena bisa menyebabkan mesin jebol bila terlalu ekstrem.

3. Konsumsi BBM

Konsumsi BBM juga bisa terpengaruhi. Karena tenaga menurun, otomatis gas lebih sering diinjak dalam. Alhasil mobil akan terasa lebih boros dibandingkan pada saat injektor sehat.

4. Emisi

Terkadang injektor yang mampet tidak rata, ada injektor yang sehat, ada yang tidak. Hal ini bisa menyebabkan adanya ruang bakar yang kekurangan bahan bakar dan ruang bakar yang kelebihan bahan bakar. Hal ini akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan dapat meningkatkan gas emisi karbon.

5. Mesin Bergetar

Bila kemampetan injektor tidak merata, maka pembakaran juga tidak merata. Hal ini bisa membuat mesin menjadi tidak seimbang dan mungkin saja bergetar. Namun getarannya biasa tidak terlalu parah, seringkali hanya terasa pada putaran mesin yang lebih tinggi.

Jika ada tanda tersebut pada mobil Hyundai Anda, maka sebaiknya segera melakukan pengecekan pada jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia. Pihak bengkel akan segera melakukan pengecekan menyeluruh mulai dari sistem sampai mekanikal untuk perbaikan yang tepat.

Ingin menghemat waktu? Lakukan Booking Service dan isi keluhan Anda pada formnya. Booking Service secara online melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.