20 May 2024 13:59 WIB

6 Alasan Mengapa Ngebut Berbahaya Bagi Hyundai Lovers

Hyundai Lovers mungkin pernah sesekali ngebut melebihi batas kecepatan, bahkan seringkali beberapa pengemudi pernah mencapai kecepatan lebih dari 160 Kpj yang sangat cepat! Terutama di jalanan Indonesia yang mungkin tidak memiliki kualitas terbaik maupun yang termulus.

 

Baca juga: 4 Cara Cegah Jadi Lane Hogger Yang Menghambat Arus Lalu Lintas

https://hyundaimobil.co.id/news/details/4-cara-cegah-jadi-lane-hogger-yang-menghambat-arus-lalu-lintas

 

Jika Hyundai Lovers masih sering ngebut, perlu diingat ada beberapa bahaya yang mengintai loh. PT Hyundai Mobil Indonesia pun punya 6 alasan mengapa ngebut berbahaya dan sebaiknya tidak dilakukan.

1. Meningkatkan Risiko Kecelakaan

Kecepatan tinggi secara signifikan meningkatkan risiko kecelakaan. Saat mengemudi dengan kecepatan tinggi, waktu reaksi pengemudi berkurang dan sulit untuk menghindari bahaya yang tiba-tiba muncul di jalan. Semakin cepat kendaraan bergerak, semakin besar kemungkinan terjadinya kecelakaan serius.

2. Kerusakan yang Lebih Parah

Kecelakaan yang terjadi pada kecepatan tinggi cenderung lebih fatal. Dampak dari tabrakan pada kecepatan tinggi menghasilkan energi kinetik yang lebih besar, yang mengakibatkan kerusakan lebih parah pada kendaraan dan penumpangnya. Ini bisa berakibat pada cedera serius atau bahkan kematian.

3. Meningkatkan Konsumsi Bahan Bakar

Mengemudi dengan kecepatan tinggi membutuhkan lebih banyak tenaga dan seringkali mesin bekerja pada putaran mesin yang lebih tinggi yang membuat mobil mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar. Ini tidak hanya merugikan secara ekonomi, tetapi juga berdampak buruk pada lingkungan dengan meningkatkan emisi karbon.

4. Mengurangi Kendali Kendaraan

Pada kecepatan tinggi, mengendalikan kendaraan menjadi lebih sulit. Pengemudi membutuhkan lebih banyak waktu dan jarak untuk berhenti atau menghindar. Selain itu, tikungan dan perubahan arah mendadak bisa menyebabkan kendaraan tergelincir atau terbalik.

5. Mengganggu Pengemudi Lain

Pengemudi yang ngebut seringkali menyebabkan stres dan ketidaknyamanan bagi pengemudi lain. Mereka mungkin dipaksa untuk bereaksi cepat atau melakukan manuver yang tidak aman untuk menghindari kecelakaan, yang dapat menciptakan situasi berbahaya di jalan.

6. Berisiko Terhadap Hukum

Ngebut merupakan pelanggaran lalu lintas yang serius. Pengemudi yang ketahuan ngebut bisa dikenai denda besar, penahanan SIM atau bahkan penahanan. Selain itu, kecelakaan yang disebabkan oleh ngebut bisa membawa konsekuensi hukum yang lebih berat, termasuk tuntutan pidana.

 

Karena itu PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan Anda untuk mengemudi dengan ‘santai’ dan mematuhi peraturan lalu lintas supaya selamat. Anda juga bisa lebih aman dengan kehadiran Hyundai SmartSense yang senantiasa membantu Anda mengawasi pergerakan mobil Anda.

 

Hyundai SmartSense sendiri sudah tersedia mulai dari Hyundai Stargazer Prime dan lini Hyundai lainnya. Ingin merasakannya? Lakukan Test Drive di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/test-drive.