02 November 2023 15:32 WIB

7 Peralatan Yang Sebaiknya Ada Di Dalam Mobil

Peralatan atau toolkit pada mobil memang sejatinya sudah didapatkan ketika mobil baru keluar dari dealer. Toolkit ini tentu berguna ketika ada kejadian darurat di jalan, misalnya ban bocor atau sesederhana mengganti aki.

Namun pada beberapa kejadian, toolkit dan peralatan lainnya memang seringkali hilang entah kemana. Bisa jadi karena salah diletakkan, hingga memang tidak didapat ketika membeli mobil bekas.

Namun Hyundai Lovers tidak perlu khawatir, karena PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki daftar peralatan yang sebaiknya dimiliki dalam mobil sehingga bisa mulai dibeli:

1. Dongkrak

Dongkrak bagaikan hal wajib pada mobil. Tidak ada hal yang bisa menggantikan dongkrak pada kondisi darurat seperti ban bocor dan harus mengganti dengan ban cadangan. Pastikan ada dongkrak pada mobil. Jika tidak ada pada saat darurat, bisa menggunakan layanan taksi online dan meminjam dongkrak mereka.

2. Kunci Roda

Kunci roda juga tidak bisa digantikan oleh peralatan lain. Jika kurang yakin akan ukuran kunci roda yang harus dibeli, kini banyak model kunci roda dengan 4 ujung yang memiliki 4 ukuran berbeda.

Baca juga: Cara Darurat Membuka Charge Port Hyundai Ioniq 5 dan Hyundai Ioniq 6

3. Kunci Pas

Kunci pas sangat berguna untuk membuka dan mengencangkan berbagai mur pada mobil. Ketika harus melepas aki pun, perlu menggunakan kunci pas. Biasanya, kunci pas yang umum ukurannya adalah sokat 8, 10, hingga 12.

4. Obeng

Obeng juga sebaiknya ada pada mobil karena tidak semua bagian pada mobil menggunakan mur. Belilah set obeng yang memiliki berbagai jenis kepada dan ukuran sedang hingga besar.

5. Segitiga Darurat

Segitiga darurat memang tidak akan membantu memperbaiki mobil jika ada kendala, tetapi hal ini bicara tentang keselamatan. Segitiga darurat sebaiknya diletakkan 50 meter di belakang mobil bila ada kendala di pinggir jalan untuk memberitahu pengendara lain supaya berhati-hati.

6. P3K

P3K sebaiknya juga ada di dalam mobil pada kondisi terburuk. Kini banyak yang menjual paket P3K mobil yang tersedia di marketplace. Perhatikanlah tanggal kadaluarsa dari P3K karena P3K yang sudah kadaluarsa bisa berdampak negatif.

7. Kabel Jumper

Salah satu tambahan yang bisa dimiliki pada mobil adalah kabel jumper. Ketika aki habis, mobil bisa dinyalakan pada kondisi darurat dengan syarat adanya mobil lain yang siap menjadi donor tenaga.

Itulah 7 peralatan atau toolkit yang sebaiknya ada di dalam mobil Hyundai Anda. Jika mulai merasa mengalami kendala pada mobil, sebaiknya segera melakukan pengecekan dan perbaikan di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia segera.

Lakukanlah Booking Service di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.