11 October 2024 07:00 WIB

8 Tips Perawatan Wiper Kaca Depan Dan Belakang

Berbicara tentang perawatan umum mobil, banyak komponen mobil yang ditempatkan berada pada daftar paling bawah prioritas. Salah satunya adalah wiper kaca depan dan belakang. Terlihat jelas di depan mata, dan mudah pula dijangkau, tapi cenderung diabaikan.  

Banyak pemilik kendaraan yang jarang memperhatikan dan merawat wiper, padahal kesiapan wiper sangat penting untuk memastikan visibilitas yang jelas selama berkendara. Peran komponen amatlah penting. Tak hanya untuk keselamatan tapi juga untuk keawetan kaca depan. 

Cari Suku Cadang Hyundai? Ternyata Mudah!
https://hyundaimobil.co.id/news/details/suku-cadang-asli-hyundai-tersedia-lengkap-di-pt-hyundai-mobil-indonesia

Sebentar lagi musim penghujan. Pastikan wiper kaca depan dan belakang berfungsi dengan baik. Berikut adalah 8 tips yang akan membantu Hyundai Lovers merawat wiper kaca depan dan belakang, sehingga lebih siap saat musim hujan tiba:

1. Sering-seringlah Membersihkan Kaca Depan
Partikel debu dapat mengeras seiring berjalannya waktu, hal ini akan merusak kaca depan dan juga merusak bilah wiper. Jika bilah tersebut berdecit, ini indikasi bahwa kaca depan perlu dibersihkan. Gunakan kain microfiber yang bersih dan lembut serta air yang cukup untuk membersihkan kaca depan secara teratur. Sebaiknya kain mikrofiber tersebut tidak digunakan selain hanya pada kaca. 

2. Jangan Gunakan Wiper Pada Kaca Depan Yang Kering
Kaca depan tergores adalah mimpi buruk! Harganya tidak murah. Wiper kaca depan dirancang untuk digunakan saat kaca depan basah, dan air adalah media terbaik untuk mencegah kerusakan akibat gesekan. Jika harus menggunakan wiper, tekan tombol washer terlebih dahulu dan semprotkan air dalam jumlah yang banyak ke kaca depan. 

3. Bersihkan Bilah Wiper Sesering Mungkin
Sama seperti kaca depan, bilah wiper juga menumpuk debu. Jika tidak dibersihkan secara teratur, partikel debu dapat menumpuk dari waktu ke waktu dan merusak kaca depan pada saat wiper digunakan. Pakailah kain mikrofiber yang bersih dan lembut serta air yang banyak untuk membersihkan bilah wiper secara teratur. Bisa gunakan campuran deterjen cuci piring atau cairan khusus pembersih bilah wiper. 

4. Kencangkan Lengan Penghapus Kaca
Satu-satunya fungsi lengan wiper adalah untuk memastikan wiper berjalan dengan lancar di atas kaca depan. Mekanisme lengan wiper cenderung longgar, yang dapat mengakibatkan kinerja wiper yang buruk. Yang diperlukan hanyalah obeng untuk mengencangkan kembali ke posisi semula. 

5. Ganti Bilah Wiper Anda Secara Teratur
Bilah wiper terbuat dari karet yang cenderung mengeras seiring berjalannya waktu. Hal ini dapat dipercepat jika terkena sinar matahari lebih lama. Mengganti bilah wiper setiap tahun adalah suatu keharusan. Melakukannya sebelum musim hujan tiba akan memberikan performa terbaik sepanjang musim.

6. Parkir Mobil dengan Wiper Mati
Sering kali pengemudi mematikan mobil mereka dengan wiper yang sebelumnya masih menyala. Hal ini dapat menyebabkan tekanan yang tidak perlu pada karet wiper dan mempercepat keausan. 

7. Jangan Mengangkat Wiper Saat Parkir
Mengangkat wiper saat parkir bertujuan agar lebih awet pada karet wiper. Padahal keseringan mengangkat wiper punya dampak negatif. Pada batang wiper terdapat komponen berupa pegas. Pegas tersebut akan langsung tertarik ketika wiper mobil diangkat. Saat sering tertarik, konstruksi dan kekuatan pegas pun akan mulai menurun. Menurunnya kekuatan pegas sudah pasti berdampak pada penekanan wiper.

8. Pastikan Air Wiper Tidak Habis
Pada mobil modern, seperti yang dimiliki oleh Hyundai Ioniq 5, level cairan pencuci kaca depan dapat diketahui kondisinya melalui fitur bernama Washer Fluid Warning. Lampu peringatan ini menunjukkan bahwa cairan pencuci kaca depan hampir habis. Untuk menghilangkan indikator ini, cukup periksa cairan pencuci kaca depan, dan isi ulang tangki jika perlu. 

Jika Hyundai kesayangan membutuhkan pengecekan sistem wiper atapun servis lebih mendalam, teknisi PT Hyundai Mobil Indonesia dapat membantu keluhan Anda. Cukup klik https://hyundaimobil.co.id/booking-service, jika ingin mendaftarkan jadwal servis, atau hubungi bagian Service & Parts di https://hyundaimobil.co.id/service-parts