27 September 2021 07:30 WIB

Apa Minyak Rem Bisa Dicampur?

Minyak rem sangatlah penting untuk dijaga kualitas serta kuantitasnya. Jika diperlukan, memang sebaiknya melakukan pengisian minyak rem serta proses bleeding yang tepat agar performa rem tetap maksimal.

Saat mengisi minyak rem, sebaiknya mengisi dengan minyak rem yang berjenis sama, misalnya DOT 4 atau sesuai yang tertulis pada tutup master rem.

Tapi bagaimana bila kebetulan ada minyak rem lain yang tersisa di rumah misalnya. Bolehkah mencampur minyak rem?

Jawabannya, bisa saja. Namun ada batasannya dan sebenarnya kurang direkomendasikan.

Mengapa kurang direkomendasikan? Karena beda jenis minyak rem memiliki kandungan berbeda serta titik didih yang berbeda. Misalnya minyak rem DOT 3, 4, 5.1, serta 6 memiliki bahan dasar sintetis yang memang bisa dicampur. Tetapi perbedaan titik didih ini yang mungkin bisa membuat perilaku minyak rem berbeda, terutama saat panas.

Artikel lain tentang rem: Ukuran Rem Disesuaikan Dengan Karakter Dan Bobot Mobil

Memang rasa pengereman mungkin tidak akan berubah, mobil akan mengerem seperti normal. Namun jika rem sudah panas, bisa jadi performanya berubah, apalagi jika campurannya turun kelas DOT.

Misalnya minyak rem DOT 4 dicampur dengan DOT 3. Pada DOT 3 memiliki titik didih yang lebih rendah dari DOT 4. Jika dicampur, maka titik didih dari minyak rem tidak akan setinggi DOT 4. Hal ini lah yang kurang direkomendasikan, terjadi penurunan performa rem.

Sehingga, ada baiknya tetap selalu menggunakan minyak rem yang sama sesuai standar mobil. Untuk mengetahui minyak rem yang tepat, hubungilah service advisor dealer Hyundai langganan Hyundai Lovers.

 

Share