03 May 2023 09:28 WIB

Apa Saja Komponen Mobil Yang Perlu DiCek Setelah Mudik?

Tidak terasa musim libur lebaran 2023 telah usai. Pemudik pun banyak yang kembali dari kampung halamannya setelah perjalanan panjang.

Tentunya, jika Hyundai Lovers melakukan mudik dengan mobil Hyundai kesayangan Anda, mobil Anda pastinya menempuh jarak yang cukup jauh. Mulai dari perjalanan ke destinasi, keliling-keliling, hingga perjalanan pulang. Belum lagi waktu tempuh yang bisa jadi lama karena macet.

Karena tingkat penggunaan yang tinggi, maka tidak ada salahnya melakukan pengecekan pada mobil setelah mudik. Apa saja yang perlu dicek? PT Hyundai Mobil Indonesia bocorkan sedikit:

1. Ban

Pertama-tama, ceklah ban dari mobil. Utamanya cek tekanan angin dan kondisinya. Perjalanan yang panjang bisa mengakibatkan ban panas dan bisa saja mempercepat tingkat ausnya. Pastikan ban masih jauh dari Tread Wear Indicator (TWI) yang tersedia pada beberapa ban. Lalu, pastikan tekanannya cukup untuk digunakan.

2. Oli

Selain itu, ceklah kondisi oli mesin, utamanya karena mesin telah bekerja keras selama perjalanan. Pastikan jumlah oli tidak kurang dan kondisinya masih layak. Bila sudah ada indikasi oli harus diganti, segera bawa ke bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Baca juga: Cara Mudah Cek Jumlah Dan Kondisi Oli Mesin Hyundai

3. Radiator

Mobil mungkin mengalami siklus kerja yang berat, begitupun pada radiator, terutama pada mobil yang sudah berumur. Pastikan suhu mesin selalu konstan dan tidak overheat. Jika mobil sudah berumur, tidak ada salahnya melakukan kuras radiator di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia.

4. Rem

Rem pastinya juga banyak digunakan pada perjalanan jauh, utamanya jika harus melewati jalanan berbukit dan berlembah. Selesai mudik atau perjalanan jauh, cek kondisi kampas rem, piringan rem, sampai ke minyak rem. Tenang saja, PT Hyundai Mobil Indonesia dapat melakukannya untuk Anda bila Anda kurang yakin.

5. Cuci Mobil

Terakhir dan paling sederhana adalah mencuci mobil. Perjalanan jauh akan menumpuk kotoran pada mobil. Interior pun tidak luput, karena makanan yang dikonsumsi selama perjalanan rentan jatuh ke lantai dan membuat kabin kotor. Untungnya setelah servis di bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia, mobil juga akan dicuci luar dalam.

Itulah 5 hal yang perlu diperhatikan setelah mobil digunakan untuk mudik. Tidak ingin menunggu lama untuk servis? Lakukanlah Booking Service di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia yang bisa Anda akses melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.