29 June 2022 08:50 WIB

Apakah Aman Menggunakan Tekanan Ban Berlebih?

Ketika mengisi tekanan angin ban, maka ada baiknya selalu mengikuti himbauan dari mobil. Hyundai Lovers dapat menemukannya pada sela-sela pintu pengemudi, maupun melalui buku pedoman kendaraan.

Akan tetapi, acapkali timbul pertanyaan menggelitik, “Apakah boleh mengisi tekanan angin ban melebihi rekomendasi?”

Baca juga: Pahami Arti Dari Rating Treadwear Pada Ban

Jawabannya, boleh-boleh saja.

Tapi mohon diingat, sebaiknya kita memahami juga akan dampak serta batasnya.

Pertama-tama, ketika mengisi tekanan ban berlebih, maka ban akan menjadi lebih keras. Ketika ban lebih keras, tentunya akan berpengaruh kepada kenyamanan berkendara, bahkan ketika suspensi Hyundai sangatlah nyaman.

Kemudian, karena ban lebih keras, traksi dari ban juga bisa berkurang. Hal ini sebaiknya juga dipertimbangkan. Apalagi suspensi mobil Hyundai seringkali juga sudah diatur agar bisa bekerja secara tandem dengan ban. 

Bagaimana dengan batasannya?

Hyundai Lovers  bisa melihat dinding ban dimana ada berbagai informasi. Salah satu informasi tersebut adalah tekanan maksimal dari ban. Jika terlalu berlebih, maka juga berbahaya karena bisa menyebabkan pecah ban.

Informasi lain terdapat di bagian dalam pilar B bagian kanan. Pada tulangan pilar, biasanya disematkan stiker kotak putih yang berisikan rekomendasii ukuran dan tekanan angin ban yang digunakan. 

Atas alasan keamanan berkendara, PT Hyundai Mobil Indonesia juga merekomendasikan untuk tetap mengikuti panduan pada buku pedoman/manual pemilik. Hal ini untuk menjaga performa dan memastikan pengendalian mobil presisi sesuai spesifikasi asli.

Share