27 May 2022 09:51 WIB

Pahami Arti Dari Rating Treadwear Pada Ban

Ban pada mobil adalah salah satu komponen paling penting karena ban adalah satu-satunya media kontak mobil dengan permukaan. Sehingga, Hyundai Lovers sebaiknya paham mengenai beberapa informasi pada ban.

Mungkin Hyundai Lovers sudah tahu, bahwa ban memiliki beberapa informasi penting pada dinding samping (sidewall) dari ban. Misalnya merek, jenis ban, tanggal produksi, penilaian treadwear, dan lainnya.

Baca juga: 2 Sumber Suara Dengungan Dari Roda

Kali ini PT Hyundai Mobil Indonesia ingin menjelaskan mengenai treadwear pada ban. Hal ini sebaiknya dimengerti, apalagi ketika hendak memilih ban saat sudah harus diganti.

Pertama-tama, treadwear adalah penilaian tingkat kecepatan ausnya ban. Semakin kecil angkanya, maka ban akan semakin cepat aus.

Standar treadwear diterapkan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) dari Amerika Serikat pada tahun 1978. Pada standar tersebut, treadwear 100 adalah ban yang mereka gunakan sebagai kontrol atau standar.

Pada pengetesan tersebut, ban dengan treadwear 100 bisa menempuh jarak maksimal 30.000 mil atau sekitar 48.200 Km. Berarti dengan kondisi yang identik, maka ban dengan treadwear 200 bisa menempuh jarak 2 kali lipat dari ban kontrol tersebut.

Namun, angka ini tidak bisa menjadi patokan pasti. Ban Anda mungkin tidak mencapai angka tersebut. Ini hanya sebagai gambaran seberapa tahan ban yang digunakan pada mobil Hyundai Anda.

Karena ada beragam faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan ausnya ban, seperti kondisi permukaan jalan, temperatur permukaan, cara mengemudi, kompon, alignment dan lainnya.

Untuk itu, jika ingin ban yang tahan lama, PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan penggunaan sesuai spesifikasi pada ban yang pertama kali terpasang dengan mobil Hyundai Anda. Oleh karena ban tersebut dipilih berdasarkan berbagai pertimbangan dari keamanan dan kenyamanan. Tak susah…, cukup cek pada pilar B mobil dengan jok penumpang. Ada stiker kecil penanda ukuran ban dan tekanan anginnya. 

Share