28 July 2022 10:19 WIB

Apakah Boleh Poles Mobil Sering-Sering?

Apakah Hyundai Lovers pernah melakukan poles pada mobil Hyundai kesayangan Anda? Mungkin pernah. Karena poles memoles bisa mengembalikan kilauan pada cat mobil yang sudah pudar, dan membuatnya seperti baru lagi.

Namun Hyundai Lovers harus tahu kalau ternyata poles mobil tidak boleh sering-sering loh. PT Hyundai Mobil Indonesia pun mendapat sedikit masukan dari seorang detailer rumahan, yaitu Bryant dari @ilovedetailing.ID.

Baca juga: Waktu Yang Tepat Untuk Mencuci Mobil

Pertama, Hyundai Lovers sebaiknya memahami dahulu apa itu proses poles.

“Poles itu secara prinsip sederhana adalah mengikis cat secara perlahan seperti menggunakan amplas halus sampai permukaan bawah baret yang ada. Inilah mengapa beberapa baret pada mobil bisa hilang dengan poles. Maka itu, cat bisa semakin tipis sampai botak atau lebih parah hilang total karena terkena matahari karena tidak ada wax atau coating,” ujar detailer hobbyist ini.

Dengan kata lain, bila terlalu banyak dipoles, maka akan mengikis lapisan pelindung cat dari matahari seperti clear coat yang akan membuat cat terlihat kusam dan kurang mengenakan.

Lantas, seberapa sering mobil boleh dipoles? Menurut Bryant, sesedikit mungkin, apalagi mengingat setiap obat poles memiliki tingkat agresifitas yang berbeda. Ada beberapa obat poles pada pasaran yang bisa digunakan berkali-kali dan aman, ada juga yang sangat agresif sehingga harus berhati-hati atau cat bisa saja termakan.

Sehingga, apakah poles boleh dilakukan? Jawabannya sangat boleh asal mempertimbangkan beberapa penjelasan di atas. Bryant juga mengatakan minimal lakukan poles agar tampilan cat menjadi kinclong. Kemudian, berikan coating atau PPF agar cat pada mobil Hyundai kesayangan bisa tahan semakin lama.