21 June 2022 11:00 WIB

Waktu Yang Tepat Untuk Mencuci Mobil

Mencuci mobil adalah cara paling sederhana untuk merawat mobil. Apalagi, kegiatan ini tidak terlalu sulit meskipun ada cara profesionalnya. Cara profesional biasa dilakukan untuk mencegah kerusakan seperti baret halus pada cat.

Ada sedikit bocoran dari PT Hyundai Mobil Indonesia mengenai cara profesional dalam mencuci mobil yang jarang diketahui, yaitu terkait dengan waktu.

Baca juga: Cara Cuci Mobil Dengan Air Tanah Yang Benar

Ternyata, waktu itu memegang peranan loh dalam mencuci mobil. Ada jam-jam tertentu yang dinilai pas untuk cuci mobil. Jam tersebut adalah ketika matahari tidak terlalu terik.

Mengapa? Karena, saat matahari sedang terik, misalnya sekitar pukul 12 siang, maka air cucian akan cepat menguap dan mengering pada permukaan mobil sebelum di lap. Hal ini berpotensi meninggalkan waterspot pada mobil, apalagi bila menggunakan air tanah.

Sehingga, waktu yang dinilai pas untuk mencuci mobil adalah pada sore hari, sekitar pukul 16:00. Pada waktu tersebut, matahari biasanya tidak terlalu terik, namun hal ini juga bergantung pada cuaca.

Ingin lebih optimal? Disarankan untuk mencuci mobil mobil di tempat teduh seperti di bawah kanopi agar sinar matahari tidak menguapkan air pada permukaan mobil.