10 November 2022 08:03 WIB

Apakah Penggunaan Nitrogen Pada Ban Jauh Lebih Baik?

Ketika melakukan pengisian ban pada pompa ban atau tambal ban, Hyundai Lovers mungkin sering ditawari pengisian udara dengan nitrogen dibandingkan dengan angin biasa. Bahkan nitrogen biasa dipatok dengan harga yang lebih premium.

Apakah nitrogen memiliki kelebihan tertentu? Ternyata ada, dan PT Hyundai Mobil Indonesia menjelaskannya dengan singkat.

1. Sulit Kempis

Pertama, nitrogen lebih sulit membuat ban kempis. Hal ini karena molekul nitrogen yang lebih besar lebih sulit menembus pori-pori halus pada ban. Sehingga, tekanan ban bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan udara atau angin biasa. Tetapi perlu dicatat perbedaannya tidak terlalu signifikan, mungkin hanya sekitar 20%.

2. Stabil

Udara memuai dan mengempis menyesuaikan dengan suhu. Semakin panas suhu pada ban, maka udara bisa memuai dan menaikkan tekanannya. Berbeda dengan udara biasa, nitrogen cenderung lebih stabil sehingga tidak mengalami fluktuasi tekanan.

Baca juga: Prosedur Cat Khusus Penting Untuk Mobil Elektrik

Dengan kata lain, nitrogen menawarkan beberapa kelebihan. PT Hyundai Mobil Indonesia menyarankan penggunaan nitrogen bila mobil sering melakukan perjalanan jauh yang lama, dimana suhu ban menjadi sering panas agar lebih stabil. Namun untuk penggunaan sehari-hari, penggunaan udara biasa sudah cukup selama tekanan ban terus dijaga dan dipantau.