07 July 2021 08:40 WIB

Balancing Penting Dilakukan

Pernahkah Hyundai Lovers merasakan mobil bergetar terutama pada kecepatan tinggi? Nyamankah? Tentu saja tidak, bahkan hal ini bisa membuat mabuk.

Getaran ini tentunya ada penyebabnya. Hal utama yang paling sering menyebabkan getaran pada kecepatan tinggi adalah ban yang tidak seimbang atau tidak balance.

Hal ini terjadi karena ban dan velg tidak memiliki titik berat yang sempurna satu sama lain. Alhasil beban rotasional yang ditimbulkan pun berbeda. Perbedaan inilah yang menyebabkan getaran tersebut.

Tetapi faktor lain juga bisa menyebabkan getaran, misalnya velg peyang atau ban rusak karena pernah menghantam lubang di jalan tol pada kecepatan tinggi.

Karena itu, ban dan velg ada baiknya diseimbangkan ketika mobil dirasa mulai bergetar. Atau aktivitas ini juga bisa dilakukan sebagai aktivitas berkala, misalnya tiap 6 bulan sekali untuk memastikan keseimbangannya.

Selain bisa membuat mobil menjadi lebih nyaman, jika terjadi abnormalitas saat menyeimbangkan, penyeimbang yang sangat banyak, maka bisa menjadi pertanda ban atau velg mengalami kerusakan sehingga harus diperbaiki agar mobil Hyundai Anda bisa menjadi nyaman seperti sedia kala.