08 September 2021 08:01 WIB

Benarkah Tambal Ban Itu Tidak Aman?

Hyundai Lovers, pernahkah kalian kurang beruntung di jalan karena ban tertancap paku? Bahkan pernah melintasi ranjau yang disebarkan di jalan? Pastinya menyebalkan bukan? Apalagi jika ban bocor dengan cepat sehingga mobil mau tak mau harus menepi di pinggir jalan.

Pada kondisi seperti ini, tambal ban adalah solusi yang pertama muncul. Harga yang relatif murah dan praktis membuatnya banyak dipilih.

Tetapi apakah sebenarnya tambal ban itu aman?

Jawabannya adalah benar, pada kebanyakan situasi. Karena tambal ban sudah menggunakan karet vulkanisir yang ditempelkan pada area bocor. Lalu, sebelum ditempelkan, area tersebut dibersihkan supaya tambalan bisa melekat dengan sempurna.

Hal ini aman untuk digunakan, bahkan bisa digunakan hingga ban habis. Menggunakan lebih dari satu tambalan pun aman, tetapi ada beberapa situasi yang tidak aman.

Pertama-tama, ban robek tidak bisa ditambal. Robek sangat sulit untuk ditambal dan lubang besar ini bisa saja merusak struktur ban, terutama kawat dari ban.

Lalu, kebocoran pada area dinding ban (sidewall) juga sebaiknya tidak ditambal, melainkan langsung mengganti ban. Karena, dinding ban sangatlah krusial sebagai struktur ban, ketika ada kerusakan, sebaiknya diganti.

Untuk itu Hyundai Lovers, ketika terkena ranjau paku di jalan, tambal ban bukanlah sebuah masalah besar. Sehingga, kalian tidak perlu takut selama proses penambalannya benar.

 

Share