19 July 2022 09:50 WIB

Cara Atur Spion Untuk Mengurangi Blind Spot

Spion tidak boleh diabaikan. Dengan spion, pengemudi bisa lebih was-was akan keadaan sekitar saat hendak mengambil keputusan saat mengemudi, misalnya saat hendak berbelok atau berpindah jalur sehingga tidak menabrak pengendara lain.

Namun spion juga memiliki kelemahan, karena mobil memiliki blind spot (titik buta) dimana objek pada posisi tertentu tidak terlihat dari spion mobil.

Baca juga: Utamakan Keselamatan: Jangan Mengemudi Dengan Laci Terbuka

Tetapi tenang saja, karena ada cara untuk meminimalisir blind spot, yaitu dengan mengatur spion dengan benar.

Pertama, posisikan spion agar posisi kaca mengarah lebih ke luar. Hyundai Lovers tidak perlu melihat mobil sendiri pada spion. Namun jika memang memerlukan patokan posisi mobil, boleh tinggalkan sedikit bodi mobil yang terlihat pada spion.

Kemudian, atur posisi ketinggian spion. Jangan melihat terlalu ke bawah atau ke atas, spion sebaiknya menghadap lurus agar objek lain maupun pengguna jalan lain bisa tetap terlihat di spion dengan jelas. 

Spion tengah juga sebaiknya diatur posisinya. Posisikan agar seluruh jendela belakang bisa terlihat dengan jelas dari posisi duduk untuk memaksimalkan pandangan ke belakang.

Dengan cara itu, maka blind spot dari mobil akan berkurang secara signifikan. Tetapi bila Anda merupakan pengguna mobil Hyundai dengan fitur Hyundai SmartSense, maka akan semakin aman karena paket Hyundai SmartSense sudah memiliki Blind Spot Warning.

Share