06 October 2021 09:48 WIB

Cara Mudah Cegah Kebocoran Dan Sumbatan Pada Sunroof

Sunroof adalah salah satu fitur yang membuat kabin menjadi lebih premium. Selain juga membuat kabin terkesan lebih lapang, serta memberikan pencahayaan natural.

Namun, bila tidak dirawat dengan baik, sunroof bisa mengalami kebocoran. Hal ini wajar karena memang resiko dari 2 objek yang disatukan, pasti tidak akan kedap bila karet sudah lemah dan tidak bisa menahan air untuk memasuki kabin.

Maka pengecekan kondisi karet bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah kebocoran sunroof. Cegah karet mengering dan getas dengan tidak memarkirkan mobil dibawah sinar matahari secara terus menerus, parkirlah di tempat teduh.

Baca juga: Sunroof Bisa Biarkan Angin Masuk

Kemudian, sunroof memiliki jalur air untuk mencegah air menumpuk di celah sunroof. Jalur drainase ini akan membuang air dengan aman ke tanah. Namun jika sudah kotor, karena mungkin mobil jarang dicuci, maka drainase ini akan tersumbat.

Ketika tersumbat, air akan terkumpul di celah sunroof, air pun akan masuk ke dalam kabin atau membuat area plafon menjadi lembab dan rusak.

Karena itu..., sangat direkomendasikan juga agar rajin mencuci mobil untuk mencegah drainase tersumbat. Dengan 2 cara sederhana tersebut, maka sunroof mobil Hyundai akan tahan lebih lama dan tercegah dari kebocoran.

 

Share