29 October 2020 18:59 WIB

Cek Dan Ketahui 5 Penyebab Mobil Tak Bisa Distarter

Pernahkah di suatu saat anda hendak menyalakan mobil Hyundai kesayangan, lalu kemudian mobil mendadak tidak bisa distarter. Sepertinya, hampir semua orang pernah mengalami hal tersebut.

Kira-kira penyebabnya apa saja sih? Sebenarnya tak banyak, namun mereka memiliki peran yang sangat penting sehingga bisa mencegah mesin nyala.

Pertama, yang paling sering menjadi penyebab adalah aki mobil. Aki yang sudah berumur akan kehilangan dayanya sehingga tidak kuat untuk menyuplai tenaga ke motor starter sehingga mesin tidak akan menyala. Solusinya mudah, gantilah akinya sesuai dengan spesifikasi mobil. Jika dalam kondisi yang kepepet, bisa juga melakukan jumping dari aki atau mobil lain dengan kabel jumper.

Hal kedua, bila stater sudah berbunyi namun mobil tetap tidak mau menyala, coba cek suplai bahan bakar mulai dari tangki hingga injektor. Untuk mengetahui apakah suplai bahan bakar mengalir ke injektor, caranya mudah. Ketika kunci berada di posisi on, dengarkanlah baik-baik di area belakang kabin mobil, akan ada suara motor pompa bensin yang menyala untuk memberikan tekanan di jalur bahan bakar. Bila terjadi masalah, segera datanglah ke bengkel resmi Hyundai terdekat anda untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Selain suplai bahan bakar, busi pada mesin berbahan bakar bensin juga akan mencegah mesin menyala bila busi tidak aktif. Karena, tanpa busi, pembakaran pada mesin bensin tidak akan terjadi. Hal ini tidak perlu dipikirkan pada mesin diesel karena mesin diesel tidak memerlukan busi.

Jika hal tersebut sudah dicek namun tetap tidak bisa menyalakan mobil meskipun starter berbunyi, hal ke-4 yang tak kalah penting diperiksa adalah timing. Bila timing belt pernah mengalami slip, maka mesin tidak mau menyala karena posisi piston, pembakaran, dan katup tidak sinkron. Hal ini cukup rumit untuk diperbaiki ataupun dideteksi sehingga, ada baiknya langsung menelpon bengkel resmi Hyundai untuk melakukan servis.

Terakhir, bila Anda sudah memutar kunci atau menekan tombol tetapi tidak ada suara motor starter sama sekali, besar kemungkinan bahwa motor starter mengalami kerusakan. Kerusakannya bisa minor seperti sekring yang terputus, bisa juga berat yaitu motor starter tidak mau menyala sama sekali.