14 July 2021 11:23 WIB

Cruise Control Membuat Kaki Tidak Pegal

Mengemudi secara konstan nyatanya tidak semudah dan sesantai yang terlihat. Tanpa diketahui, menjaga mobil pada kecepatan konstan seringkali sulit, karena kaki harus bertahan pada posisi yang sama dan seringkali harus melakukan pengaturan mikro pada pedal gas.

Apalagi, karena konsentrasi ke jalan, pengemudi seringkali tidak sadar kecepatannya berubah. Hal ini bisa membuktikan kalau menjaga kecepatan konstan nyatanya cukup sulit.

Karena itu, ada sebuah fitur yang bisa membantu Hyundai Lovers ketika harus menjaga kecepatan konstan, yaitu Cruise Control.

Cruise control adalah sebuah fitur yang bisa ‘menggantikan’ kaki ketika mengemudi dalam kecepatan konstan. Cara kerjanya, ketika dinyalakan, komputer akan mengambil alih gas mobil dan menjaga agar kecepatannya tetap konstan. Ketika mobil direm atau pengemudi menginjak pedal gas lagi, maka fitur ini akan mati untuk alasan keselamatan.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, raihlah kecepatan yang diinginkan, misalnya 100 km/jam. Perlu diingat, cruise control hanya dapat dioperasikan pada kecepatan di atas 40 km. Ketika kecepatan tersebut tercapai, nyalakan cruise control melalui tombol yang ada. Maka, mobil akan menjaga kecepatannya.

Ketika ingin diperlambat atau dipercepat, ada tombol untuk menambah atau mengurangi kecepatan, sehingga tidak perlu menginjak pedal rem atau gas.

Jika sudah tidak ingin digunakan, bisa melakukan pengereman ringan yang akan mematikan fitur ini, atau bisa menginjak pedal gas. Tombol ‘cancel’ juga bisa digunakan untuk mematikan fitur ini.

Dengan cruise control ini, maka Hyundai Lovers tidak perlu lelah menjaga kaki pada pedal gas. Perjalanan jauh menjadi semakin nyaman.

 

Share