12 January 2024 06:05 WIB

Cuaca Sejuk Bikin Beban Mesin Lebih Ringan

Cuaca yang sejuk nan adem memang menjadi dambaan, apalagi bila sehari-hari harus melewati cuaca yang panas. Bulan Januari ini pun bisa dibilang menjadi berkat karena cuaca yang relatif lebih sejuk dibandingkan sebelumnya.

Namun cuaca sejuk ini rupanya tidak hanya menguntungkan untuk kita, tetapi juga bisa menguntungkan untuk mobil Hyundai Anda. Mengapa demikian? Berikut fakta uniknya:

1. Tenaga

Ketika udara lebih sejuk, cenderung lebih padat akan oksigen. Udara dan oksigen sendiri merupakan komponen yang cukup penting dalam mesin untuk menghasilkan tenaga. Sehingga bila udara sedang sejuk, mesin juga menghirup udara yang sejuk dan kaya akan oksigen sehingga bisa memberikan tenaga yang lebih optimal dibandingkan saat panas.

2. Beban Radiator

Ketika cuaca lebih sejuk, beban radiator pun akan berkurang, hal ini mengurangi beban kerja komponen lain juga seperti kipas mesin.

3. Konsumsi BBM

Ketika udara lebih sejuk, mesin memberikan tenaga yang lebih optimal sehingga beban mesin juga lebih ringan, membuat mesin lebih hemat BBM. Selain itu udara yang sejuk juga akan mengurangi pemakaian kompresor AC dan mengurangi beban mesin dengan lebih mendalam sehingga lebih hemat BBM.

Baca juga: 5 Penyebab Mobil Menjadi Boros Bahan Bakar

Meskipun dampaknya mungkin tidak terlalu terasa, ternyata berkendara di kondisi cuaca yang lebih sejuk atau dingin dapat memberikan keuntungan tambahan.

Mau merasakan sensasi berkendara mobil yang nyaman dan canggih? Mobil Hyundai bisa jadi pilihan Anda. Rasakan sensasi berkendara mobil Hyundai di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia yang bisa Anda akses melalui https://hyundaimobil.co.id/test-drive.